loading...

Pengertian Getaran Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pembahasan berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang getaran, pengertian getaran, contoh getaran, getaran pegas, getaran harmonik, getaran mekanik, getaras mekanis, getaran harmonis, getaran selaras, makalah getaran, amplitudo getaran, contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari, getaran gelombang bunyi dan getaran fisika serta pengertian getaran harmonik dan pengertian getaras harmonis.

Tahukah kamu, jam mekanik ada yang digerakkan oleh bandul? Bandul pada jam bergerak secara teratur dan terus-menerus. Simpangan bandul ketika bergerak ke kiri sama dengan simpangannya ketika bergerak ke kanan. Itu dikatakan bahwa bandul bergetar. Apakah getaran itu? Apakah dalam waktu yang sama bandul bergerak dengan jumlah yang sama?

Pengertian dan Definisi getaran

Gerak dapat berulang dan tiap ulangan gerak dapat ditempuh dalam waktu yang sama. Gerak seperti ini biasanya disebut gerak periodik. Jika suatu benda dalam gerak periodik bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama maka disebut getaran.

Amati gambar berikut ini.
Pengertian Getaran Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Getaran Bolak-balik

Pada saat digetarkan, ujung penggaris akan melalui lintasan O – A – O – B – O secara berulang-ulang. Gerakan suatu benda di sekitar titik keseimbangannya pada lintasan tetap disebut getaran.

Benda dikatakan melakukan satu getaran jika bergerak bolak-balik satu kali penuh. Jadi, satu getaran adalah gerak dari O – A – O – B – O atau A– O – B – O – A atau B – O – A – O – B.

Benda yang diam dapat dikatakan berada pada titik keseimbangannya. Manakah titik keseimbangan untuk benda pada gambar berikut?
Pengertian Getaran Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Titik Keseimbangan

Jarak antara benda dengan titik keseimbangannya disebut simpangan. Simpangan terbesar suatu benda yang bergetar disebut amplitudo.

Frekuensi dan periode getaran

Misalkan dalam 5 sekon terjadi 20 getaran ujung penggaris plastik maka dapat dikatakan bahwa dalam 1 sekon terjadi 4 getaran ujung penggaris plastik. Jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon ini disebut frekuensi getaran yang dapat dirumuskan sebagai berikut.
F = N : t
Keterangan:
f = frekuensi (Hz)
N = jumlah getaran
t = waktu (s)

Dalam SI, satuan frekuensi dinyatakan dalam Hertz (Hz). Satuan yang lebih besar adalah kiloHertz (kHz), megaHertz (MHz), atau gigaHertz (GHz). Satuan yang lain adalah cycle per second (cps), 1 cps = 1 Hz.

Dalam tiap satuan waktu akan terjadi sejumlah getaran. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu getaran ini disebut periode. Hubungan antara periode dan frekuensi dapat ditulis sebagai berikut.
T = 1/f detik atau f = 1/T Hz
Keterangan:
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)

Contoh Soal tentang Getaran

Benda bergerak dalam waktu 2 menit membuat 6.000 getaran. Berapa frekuensi dan periodenya?

Pembahasan

Diketahui:
t = 2 menit = 120 detik
Ī£getaran = N = 6.000 getaran

Ditanya:
f dan T = ...?

Jawab:
F = N : t
   = 6.000 : 120 = 50 Hz

T = 1/f
   = 1 : 50 = 0,02 detik

Jadi, frekuensi getarannya 50 Hz dan periodenya 0,02 detik.

Ayunan sederhana

Mari kita lakukan kegiatan berikut ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi frekuensi getaran pada ayunan sederhana.

Besarnya frekuensi getaran bergantung pada panjang benang penggantung bandul. Menurut penyelidikan, frekuensi ayunan dinyatakan sebagai berikut.

Keterangan:
p = 3,14
L = panjang tali (m)
g = percepatan gravitasi (m/s2)

Contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari :

a. Getaran senar gitar yang dipetik

b. Getaran pita suara ketika berbicara

c. Getaran permukaan bumi ketika terjadi gempa bumi

d. Bandul jam dinding yang bergoyang-goyang

e. Pegas yang diberi beban

f. Ayunan anak-anak

g. Mainan anak-anak yang berbentuk mistar.

h. Getaran ikan

Getaran Ikan

Tahukah kamu, bagaimana ikan berkomunikasi? Ikan membangkitkan getaran suara dengan menggosok-gosokkan bagian badan tulang dan gigi secara bersamaan untuk berkomunikasi.

Pada sebagian besar ikan, suara yang timbul diakibatkan oleh gelembung renang, yaitu gas berisi gelembung yang menyerupai organ. Dinding elastis gelembung renang dihubungkan ke otot yang dapat memanjang dan berkontraksi untuk meningkatkan dan menurunkan volume gelombang renang.

Getaran ini menggetarkan air di sekitar ikan, merambat keluar sebagai gelombang suara yang dapat didengar sebagai dengkuran, siulan, atau suara drum. Itu semua tergantung pada penggunaan otot.

Baca juga: Contoh Gelombang dalam Kehidupan

0 Response to "Pengertian Getaran Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment