loading...

Pengertian Massa Jenis Zat Cair, Padat, Gas dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian massa jenis zat, contoh massa jenis zat, massa jenis minyak tanah, rumus massa jenis zat dan contoh soalnya, massa jenis minyak goreng, massa jenis air, satuan massa jenis, massa jenis zat cari, alat ukur massa jenis, massa jenis logam, massa jenis batu, massa jenis air laut, massa jenis alumunium, massa jenis tembaga dan massa jenis es.

Pengertian Massa Jenis

Massa jenis dapat diartikan sebagai kerapatan suatu zat, yaitu perbandingan antara massa zat dengan volumenya. Selain itu bahwa pada zat yang sama dengan wujud yang berbeda memiliki massa jenis yang sama, dan pada zat yang berbeda massa jenisnya berbeda pula.

Setiap zat selalu memiliki massa dan volume. Massa zat dapat diukur dengan timbangan atau neraca. Volume zat dapat diukur dengan rumus atau menggunakan gelas ukur dan gelas pancuran. Pengukuran massa dan volume ini telah kamu lakukan pada sebelumnya.
Pengertian Massa Jenis Zat Cair, Padat, Gas dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Massa Baja dan Air adalah sama

Pada gambar massa kedua zat sudah ada, yaitu masing-masing 1 kg. Sedangkan volumenya belum ada. Yang pasti volume baja dan air itu berbeda, volume air lebih besar dari baja.

Dengan volume kecil pada baja memiliki massa yang sama dengan air yang volumenya besar, sehingga baja lebih rapat daripada air. Kerapatan baja lebih besar daripada air. Kerapatan suatu zat disebut dengan massa jenis.
Bahan atau Zat
Massa Jenis (Kg/m3)
Massa Jenis (g/cm3)
Emas
Raksa
Platina
Timah
Baja
Perak
Kuningan
Besi
Seng
Titanium
Alumunium
Fiberglas
Air
Minyak tanah
19.300
13.600
21.450
11.400
8.000
10.500
8.400
7.900
7.140
4.500
2.700
2.000
1.000
800
19,3
13,6
21,45
11,4
8,0
10,5
8,4
7,9
7,14
4,5
2,7
2,0
1,0
0,8

Contoh Penggunaan Massa Jenis Zat Dalam Kehidupan Sehari-hari


a. Bidang Industri Kendaraan

Kendaraan seperti pesawat terbang dan kendaraan bermotor menggunakan bahan baku yang berbeda. Pada umumnya pesawat terbang menggunakan bahan aluminium dan titanium, karena bahan-bahan ini memiliki massa jenis kecil sehingga ringan tetapi kuat. Hal ini telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Bahan kendaraan bermotor tidak lagi menggunakan logam seperti zaman dahulu, untuk sekarang bahan kendaraan bermotor menggunakan fiberglass.

Mobil balap seperti Formula menggunakan fiberglass, agar lebih ringan dan lentur. Begitu juga motor sekarang menggunakan fiberglass dalam bagian tertentu.

b. Bidang Bangunan

Bahan bangunan menggunakan zat atau bahan yang bermassa jenis besar, kuat, dan tidak mudah patah. Pembangunan jalan tol dan jembatan layang menggunakan konstruksi beton dengan menggunakan rangka baja, agar kuat dan tidak roboh untuk dipakai oleh berbagai kendaraan berat.

c. Bidang Penambangan Mineral

Para ahli Geologi menaruh perhatian yang besar terhadap pengetahuan tentang massa jenis batuan. Makin ke dasar bumi, maka massa jenis batuan-batuan bumi makin besar.

Batuan yang terdapat di permukaan bumi di antaranya granit, memiliki masa jenis 2.700 kg/m3. Batuan dari vulkanik lebih besar lagi, karena dihasilkan dari lava yang terletak di bagian bawah permukaan bumi.

Para ahli geologi memanfaatkan sifat benda terapung, melayang, dan tenggelam di dalam zat cair. Benda yang terapung berarti massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair.

Benda melayang berarti massa jenisnya sama dengan massa jenis zat cair. Sedangkan benda yang tenggelam berarti massa jenisnya lebih besar dari massa jenis zat cair.

Seiring perkembangan sains dan teknologi, maka para ahli geologi dapat memisahkan biji yang mengandung uranium dari granit.

Ini dilakukan karena uranium memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Biji tersebut itu dipecah-pecah menjadi kecil, kemudian dimasukkan ke dalam zat cair yang terbuat dari kromoform yang massa jenisnya 4.000 kg/m3.

Akhirnya granit mengapung karena massa jenisnya lebih kecil, yaitu 2.700 kg/m3, dan uranium tenggelam karena massa jenisnya 7.000 kg/m3.

0 Response to "Pengertian Massa Jenis Zat Cair, Padat, Gas dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment