loading...

Pengertian, Rumus dan Satuan Energi serta Bentuk-bentuk Energi

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian energi, rumus energi, satuan energi dan bentuk-bentuk energi yang akan dijelaskan secara lengkap.

Pernahkah kamu naik pedati? Mengapa pedati dapat berpindah dari tempat semula jika ditarik kuda? Kuda dapat bekerja menarik pedati karena memiliki energi yang diperoleh dari makanan yang dimakannya. Semakin banyak energi yang dimiliki kuda, semakin besar kerja yang dapat dilakukannya sehingga perpindahan pedati makin jauh.

Energi yang dimiliki kuda berpengaruh pada daya yang dihasilkan dan usaha yang dilakukan kuda. Semakin banyak kerja yang dilakukan kuda maka dayanya semakin besar. Bagaimana hubungan antara usaha, gaya, perpindahan, energi, dan daya? Mari ikuti pembahasan pada pembahasan ini.

Mengapa kendaraan dapat berjalan? Energi apa yang terkandung di dalam bahan bakar? Mengapa bahan bakar berkurang setelah kendaraan bergerak? Berubah menjadi apakah bahan bakar itu Bagaimana cara menghemat energi?

Pengertian energi

Tenaga kita berasal dari makanan yang dimakan. Tenaga dalam istilah fisika disebut energi. Dapatkah kita bekerja tanpa energi? Tidak hanya manusia, semua benda yang bergerak memerlukan energi. Misalnya, seperti gambar berikut.
Pengertian, Rumus dan Satuan Energi serta Bentuk-bentuk Energi
Gambar: (a) Sepeda Motor dapat bergerak karena energi kimia yang tersimpan di dalam bahan bakar, (b) Tumbuhan Mendapat energi dari Matahari

Kemampuan suatu benda untuk melakukan kerja (usaha) disebut energi. Dalam sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam satuan joule (J), sedangkan dalam cgs dinyatakan dengan erg. Berapa erg-kah 1 Joule itu?

Rumus dan Satuan Energi

Satuan energi yang lain adalah kalori atau kilo kalori. Satuan kalori biasanya digunakan untuk menyatakan besar energi panas (kalor) dan energi kimia yang terkandung dalam makanan.
1 joule = 10-3 kJ
1 joule = 0,24 kalori
1 joule = 10-6 MJ
1 joule = 6,5 x 1018 eV
1 joule = 1 kgm2/s2

Bentuk-bentuk energi

Bentuk-bentuk energi apa sajakah yang kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih memahami bentuk-bentuk energi, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.

1. Amati ibumu atau kakakmu yang sedang menyetrika pakaian.

2. Coba kamu pikirkan tentang matahari.

3. Dengarkan bunyi bel yang terdengar setiap pergantian pelajaran di kelasmu.

4. Bayangkan ketika kamu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah.

5. Coba kamu cari artikel tentang PLTA dan PLTU.

6. Amati radio, TV, dan lampu.

Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Semua energi berasal dari alam semesta dan bermanfaat bagi kehidupan.

a. pembakaran kayu menghasilkan energi kalor

b. lampu menghasilkan energi cahaya

c. makanan menghasilkan energi kimia

d. radio menghasilkan energi bunyi

e. televisi menggunakan energi listrik

f. kereta api digerakkan dengan energi uap

Diantara macam-macam bentuk energi adalah

  1. energi air
  2. energi bunyi
  3. energi cahaya
  4. energi kalor
  5. energi kimia
  6. energi kinetik
  7. energi listrik
  8. energi potensial
  9. energi sampah
  10. energi uap

James Prescott Joule
(1818 – 1889)

James Prescott Joule lahir di Salford, Lancashire, Inggris, 24 Desember 1818. Dia tidak pernah duduk di bangku sekolah sampai berumur 17 tahun karena sakit-sakitan. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan, orang tua Joule mendatangkan guru. Akan tetapi, sebagian besar ilmu yang dikuasainya diperoleh dari membaca buku.

Ketika berumur 17 tahun, Joule masuk sekolah dan diterima di Universitas Manchester. Ia dibimbing oleh John Dalton. Bersama dengan Herman dan Julius von Mayer, Joule menemukan hukum kekekalan energi. Selain itu, Joule juga menyelidiki kesetaraan antara kalor dengan energi. Pada usia 71 tahun, tanggal 11 Oktober 1889, James Presscot Joule, wafat.

0 Response to "Pengertian, Rumus dan Satuan Energi serta Bentuk-bentuk Energi"

Post a Comment