loading...

Pengertian Suhu dan Termometer, Macam-macam Jenis Termometer serta Bagian-bagian dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan lengkap tentang pengertian suhu (kalor), pengertian termometer,men- jelaskan macam-macam termometer, jenis-jenis termometer, bagian-bagian termometer, bahan untuk membuat termometer, termometer ruangan, termometer bayi, alat pengukur suhu udara, fungsi termometer, termometer klinis, termometer raksa, termometer telina, pengertian termometer bimetal, termometer digital untuk bayi, alat untuk mengukur suhu udara, skala termometer, fungsi termometer bimetal dan harga termometer digital.

Pengertian Suhu

Panasnya udara, dinginnya es, dan hangatnya air menunjukkan derajat suhu suatu benda. Suatu benda disebut panas berarti benda itu bersuhu tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti bersuhu rendah, dan benda yang hangat berarti bersuhu sedang. Dengan demikian, suhu dapat diartikan sebagai ukuran tingkat atau derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Tangan tidak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur besarnya derajat suhu suatu benda. Salah satu indra peraba kita dapat merasakan panas dan dinginnya benda. Indra tersebut tidak ada kaitannya dengan besarnya angka derajat suhu. Indra hanya dapat merasakan panas, hangat, dan dingin.

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Termometer terdiri dari pipa kaca kapiler yang diisi raksa atau alkohol yang berwarna. Mengapa zat yang mengisi termometer berupa zat cair?

Termometer diisi oleh zat cair seperti raksa dan alkohol karena volumenya akan berubah apabila dipanaskan atau didinginkan. Perubahan volume inilah yang digunakan sebagai acuan dalam pengukuran suhu.
Pengertian Suhu dan Termometer, Macam-macam Jenis Termometer serta Bagian-bagian dan Fungsinya
Gambar: Bagian-bagian Termometer

Bahan-bahan Termometer

Zat yang mengisi termometer, di antaranya:

a. Raksa, adapun keunggulan raksa sebagai pengisi termometer, di antaranya:

1) Cepat menerima panas

2) Dapat mengukur suhu rendah –39 derajat Celsius dan mendidih pada suhu 357 derajat Celsius.

3) Mudah dilihat, karena mengkilat.

4) Tidak membasahi dinding kaca termometer.

5) Pemuaiannya teratur.

b. Alkohol, memiliki keunggulan untuk mengukur suhu yang sangat dingin (suhu rendah), karena alkohol membeku pada suhu yang rendah sekali, sekitar –130 derajat Celsius.

Macam-macam Jenis Termometer

Termometer yang sering digunakan dalam kehidupan seharihari di antaranya termometer suhu badan, termometer dinding, serta termometer maksimum dan minimum.

a. Termometer Suhu Badan

Termometer raksa dalam kehidupan sehari-hari biasanya digunakan untuk mengukur suhu badan dan suhu ruangan. Termometer untuk mengukur suhu badan disebut termometer demam atau termometer klinis.

Termometer ini memiliki skala antara 35 – 42 derajat Celsius (°C), karena suhu tubuh manusia tidak akan kurang dari suhu tersebut.

Terdapat pipa kapiler yang dibuat sangat kecil agar perubahan suhu yang tidak begitu besar dapat terlihat dengan jelas dan cepat diserap raksa. Untuk mengembalikan raksa pada kedudukan asalnya, termometer harus dikibas-kibas terlebih dahulu.

b. Termometer Dinding

Termometer dinding sering terdapat di dalam ruangan untuk mengukur suhu ruangan. Termometer ini
dipasang secara tegak pada salah satu dinding ruangan. Skalanya antara –80°C sampai 100°C.

c. Termometer Maksimum dan Minimum

Termometer maksimum dan minimum digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan terendah udara dalam satu hari. Termometer ini dibuat oleh Six dan Belani, dengan menggunakan raksa dan alkohol sebagai zat cair yang digunakannya. Termometer ini disebut juga Termometer Six Belani.

0 Response to "Pengertian Suhu dan Termometer, Macam-macam Jenis Termometer serta Bagian-bagian dan Fungsinya"

Post a Comment