loading...

Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Berikut ini merupakan pembahasan tentang tumbuhan berbiji terbuka, tumbuhan Gymnospermae, pengertian tumbuhan berbiji terbuka, pengertian tumbuhan Gymnospermae, contoh tumbuhan berbiji terbuka, contoh tumbuhan Gymnospermae, tumbuhan berbiji tertutup, tumbuhan Angiospermae, pengertian tumbuhan berbiji tertutup, pengertian tumbuhan Angiospermae, contoh tumbuhan berbiji tertutup, contoh tumbuhan Angiospermae.

Para ilmuwan biologi telah mengklasifikasikan tumbuhan berpembuluh berbiji menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan berpembuluh berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berpembuluh berbiji tertutup (Angiospermae). Kedua kelompok itu memiliki perbedaan yang cukup tajam.

Tumbuhan Berbiji terbuka (Gymnospermae)

Tumbuhan berpembuluh berbiji terbuka (Gymnospermae), yaitu tumbuhan yang memiliki akar, batang, daun, pembuluh, berbiji terbuka, dan berstrobilus.

Biji pada Gymnospermae terletak pada sisik berkayu dari strobilus betina dan tidak dilindungi oleh bakal buah, karena gymnospermae tidak berbunga tetapi memiliki strobilus.
Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)
Gambar: (a) Strobilus Jantan dan (b) Strobilus Betina

Gymnospermae terdiri dari beberapa divisi, yaitu:

(1) Cycadophyta             (3) Gnetophyta

(2) Ginkgophyta             (4) Coniferopyhta

Tumbuhan Berbiji tertutup (Angiospermae)

Seluruh anggota dan kelompok tumbuhan berpembuluh berbiji tertutup (Angiospermae) menghasilkan bunga sehingga tumbuhan ini termasuk kelompok divisi Anthophyta. Biji angiospermae terbungkus di dalam buah.

Angiospermae dibagi ke dalam dua kelas, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Perhatikan gambar perbandingan tumbuhan monokotil dan dikotil di bawah ini.
Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)
Gambar: Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Kacang kedelai, jambu, sawo, mangga, dan rambutan adalah contoh tumbuhan dikotil. Dikotil adalah tumbuhan berpembuluh berbiji tertutup, berkotiledon dua, berakar tunggang, bagian bunganya berkelipatan empat dan lima, berkas pembuluhnya teratur melingkar, serta daunnya berbentuk jari dengan tulang daun menjala.

0 Response to "Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)"

Post a Comment