loading...

Gambar Bagian-bagian Mikroskop Beserta Fungsinya

Berikut ini adalah pembahasan tentang gambar mikroskop beserta fungsinya, bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya, gambar mikroskop stereo, gambar mikroskop monokuler, gambar mikroskop binokuler, mikroskop trinokuler, bagian bagian mikroskop binokuler, bagian bagian mikroskop cahaya, bagian2 mikroskop, gambar mikroskop cahaya.

Perkembangan Mikroskop

Mata manusia memiliki keterbatasan untuk melihat benda yang sangat kecil atau makhluk hidup yang sangat kecil (mikroorganisme). Atau lebih tepatnya lagi, mata manusia tidak dapat melihat dan mengamati objek yang ukurannya kurang dari 0,1 mm.

Melalui perjalanan yang panjang akhirnya ditemukan mikroskop yang sangat sederhana dengan satu lensa. Kemudian menjadi mikroskop modern. Mikroskop modern pada umumnya terdiri atas dua macam, yaitu mikroskop manual dan elektrik. Mikroskop yang terdapat di sekolah pada umumnya menggunakan mikroskop manual atau yang biasa.

Mikroskop yang sekarang ini memiliki dua lensa dengan kemampuan pembesarannya tinggi. Maka mikroskop yang memiliki dua lensa itu disebut mikroskop majemuk.

Melihat kenyataan itu, maka mikroskop diartikan sebagai alat untuk melihat atau mengamati benda kecil atau makhluk hidup yang kecil, atau benda-benda yang mikroskopik yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Cara kerja dari mikroskop dikerjakan dengan jalan memusatkan berkas sinar yang tampak oleh mata untuk membentuk bayangan objek yang diperbesar.

Gambar Bagian-bagian Mikroskop beserta Fungsinya

Mikroskop terdiri dari bagian-bagian yang sangat penting. Contohnya lensa okuler terletak dekat mata pada saat mikroskop digunakan. Lensa okuler memiliki perbesaran 5 x, 10 x, 45x, dan 100 x.
Gambar Mikroskop Beserta Fungsinya
Gambar: Bagian-bagian Mikroskop

Lensa objektif terletak di objek yang akan diamati dan melekat pada alat yang dapat diputar yang disebut revolver. Lensa okuler dan lensa objektif dihubungkan dengan tabung yang disebut tabung mikroskop.
Menurut lensa okuler, mikroskop terdiri atas mikroskop monokuler yaitu mikroskop yang memiliki satu lensa okuler, dan mikroskop binokuler yaitu mikroskop yang mempunyai dua lensa okuler.
Supaya objek yang diamati tampak jelas, maka cahaya yang masuk ke dalam mikroskop harus diarahkan oleh cermin. Cermin mikroskop ada dua macam, yaitu cermin cekung untuk intensitas cahaya yang lemah atau apabila menggunakan lampu, dan cermin datar untuk sinar yang kuat.

Masalah pengaturan cahaya selain diatur dengan cermin, juga dibantu oleh kondensor dan diafragma. Objek yang akan diamati, ditempelkan pada kaca objek dan ditutup oleh penutup, selanjutnya diletakkan di meja mikroskop, yaitu bidang datar berbentuk persegi atau bulatan tempat menyimpan objek yang akan diamati.

Setelah posisinya benar kemudian dijepit oleh bagian yang disebut klip. Apabila bayangan kurang jelas akibat jarak benda dengan lensa terlalu jauh, maka gunakan lensa dengan pemutar halus untuk menggerakkan lensa secara lambat, dan pemutar kasar untuk menggerakkan lensa secara cepat.

Selain itu, apabila mikroskop akan dibawa dan dipegang maka bagian yang dipegangnya adalah kaki mikroskop dan lengan mikroskop.

0 Response to "Gambar Bagian-bagian Mikroskop Beserta Fungsinya"

Post a Comment