loading...

Macam-macam Jenis Ekosistem (Alami dan Buatan)

Berikut ini adalah masih pembahasan tentang ekosistem, setelah memahami pengertian ekosistem dan satuan makhluk hidup dalam ekosistem, selanjutnya akan dijelaskan tentang macam macam ekosistem, jenis jenis ekosistem, yaitu ekosistem alami atau ekosistem alam dan ekosistem buatan.

Macam-macam Jenis Ekosistem

Secara umum ekosistem ada banyak, misalnya; ekosistem darat, ekosistem air tawar, ekosistem sawah, ekosistem hutan, ekosistem pantai, ekosistem gurun, ekosistem padang pasir, ekosistem laut, ekosistem perairan, ekosistem kolam dan lain-lainnya.

Semua jenis ekosistem tersebut diatas dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Apa itu ekosistem alami dan apa yang dimaksud dengan ekosistem buatan?

1. Ekosistem Alami

Ekosistem alami terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami adalah pantai, ekosistem padang rumput, ekosistem laut, ekosistem hutan, ekosistem guru dan ekosistem rawa.

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat manusia. Contoh ekosistem buatan adalah ekosistem sawah, akuarium, ekosistem kolam dan ekosistem waduk.

3. Ekosistem Suksesi

Adapun ekosistem suksesi adalah ekosistem yang merupakan hasil suksesi lingkungan yang didahului oleh kerusakan. Misalnya, suatu daerah yang tertimpa bencana gunung meletus sehingga seluruh kehidupan yang menempatinya punah.
Macam-macam Jenis Ekosistem (Alami dan Buatan)
Gambar: Contoh Bioma Stepa

Pengertian Bioma dan Biosfer

Setelah beberapa lama, di lingkungan itu akan terbentuk ekosistem baru. Satuan makhluk hidup yang lebih besar daripada ekosistem adalah bioma.

Contoh bioma adalah bioma stepa (padang rumput), bioma hutan basah, bioma gurun dan bioma tundra (padang lumut). Kumpulan dari berbagai macam bioma di bumi ini membentuk sebuah sistem yang disebut biosfer.

Baca juga: Komponen Penyusun Ekosistem

0 Response to "Macam-macam Jenis Ekosistem (Alami dan Buatan)"

Post a Comment