loading...

Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil

Berikut ini adalah pembahasan tentang tumbuhan monokotil, pengertian tumbuhan monokotil, contoh tumbuhan monokotil, macam macam tumbuhan monokotil, jenis jenis tumbuhan monokotil, tumbuhan berkeping satu.

Pengertian Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan Monokotil adalah Tumbuhan yang bijinya berkeping tunggal yang merapakan salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang secara klasik diajarkan; kelompok yang lain adalah tumbuhan bijinya berkeping dua atau dikotil. (Wikipedia)


Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil

Kelas monokotil terdiri dari kelompok rumput-rumputan (Poaceae), pisang-pisangan (Musaceae), pinang-pinangan (Palmaceae), temu-temuan atau jahe-jahean (Zingiberaceae), anggrek (Orchidaceae), dan bawang-bawangan atau bakung (Liliceae).

(a) Rumput-rumputan (Poaceae)

Ada beberapa ciri dari kelompok rumput-rumputan, di antaranya berbatang herba dan berhizoma, daunnya berpelepah, urat daunnya sejajar, bentuk daun seperti pita, berambut halus pada bagian pangkal helai daun.

Contoh: padi (Oryza sativa), bambu kuning (Bambusa vulgaris), serai (Cymbopogon citratus), alang-alang (Imperata cylindrica), tebu (Saccharum officinarum), gandum (Triticum aestivum), dan jagung (Zea mays).

(b) Pisang-pisangan (Musaceae)

Ciri kelompok pisang-pisangan di antaranya tubuhnya berupa herba, batang yang terletak di tanah (batang yang tegak ke atas berasal dari kumpulan pelepah daun yang saling menutup sehingga disebut batang semu), tanaman akan mati setelah berbuah, dan bijinya tidak dapat ditanam sehingga tunas baru berasal dari batang di bawah permukaan tanah (anak).

Contoh kelompok pisang-pisangan, di antaranya pisang buah (Musa paradisiaca), pisang batu (Musa balbisiana), dan pisang seribu (Musa chilocarpa).

(c) Pinang-pinangan (Palmaceae)

Ada beberapa ciri yang dimiliki kelompok tumbuhan pinang-pinangan ini. Di antaranya pohon tidak bercabang, termasuk perdu, daunnya berpelepah, apabila daun tanggal akan meninggalkan bekas pada batang, menghasilkan buah yang tersusun dalam tandan, dan memiliki pelindung buah yang keras. Kelompok ini tersebar di daerah tropis dan di daerah beriklim sedang sekitar 3.000 spesies.

Contoh: kelapa (Cocos nucifera), aren (Arenga pinnata), pinang (Areca catecu), salak (Sallaca edulis), dan sagu (Metroxylon sagu).
Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil
Gambar: Contoh Tumbuhan Monokotil Palmaceae

(d) Temu-temuan atau jahe-jahean (Zingiberaceae)

Ada beberapa ciri khas dari kelompok temu-temuan ini, di antaranya batangnya termasuk herba, memiliki rhizoma, menghasilkan aroma khas, mengandung minyak atsiri, dapat dimanfaatkan untuk bumbu masak dan obat.

Contoh: temu hitam atau temu lawak (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), jahe (Zingiber officinale), dan lengkuas (Languas galang).
Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil
Gambar: Contoh Tumbuhan Monokotil Zingiberaceae

(e) Anggrek (Orchidaceae)

Kelompok tumbuhan anggrek banyak ditemukan di daerah tropis. Hidupnya menempel pada pohon lain sehingga disebut epifit. Selain anggrek epifit, terdapat dua jenis lain, yaitu anggrek tanah (Terrestris) dan anggrek saprofit.

(f) Bawang-bawangan atau bakung (Liliceae)

Kelompok bawang-bawangan memiliki beberapa ciri, di antaranya berbatang herba, memiliki umbi lapis (daun yang berlapis-lapis membentuk umbi), dan daunnya mengumpul di dasar batang. Tunas baru akan tumbuh dari siung.

Contoh: bawang merah (Allium cepavaras-calonicum), bawang putih (Allium sativum), dan bawang daun (Allium porrum).

Baca juga: Macam-macam Tumbuhan Dikotil

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Tumbuhan Monokotil"

Post a Comment