loading...

Pengertian dan Macam-macam Gerak

Seorang penumpang melakukan perjalanan dengan menggunakan bus kota. Menurutmu, apakah ia melakukan gerak? Ia sebenarnya tidak melakukan gerak, tetapi hanya berpindah tempat karena ada pergerakan dari bus.

Pengertian Gerak

Bagi orang-orang di luar bus, penumpang tersebut dianggap melakukan gerak, tetapi bagi orang-orang yang berada di dalam bus itu, ia tidak melakukan gerak berpindah. Dengan demikian, bergerak atau tidaknya objek bergantung pada asal kedudukannya.

Berdasarkan uraian tersebut, suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukan atau posisinya berubah terhadap sesuatu yang diam. Sesuatu yang diam yang dijadikan acuan bergerak atau tidak bergeraknya benda, disebut titik acuan.

Dengan demikian, gerak bersifat relatif karena berdasarkan satu acuan suatu benda dikatakan bergerak, sedangkan oleh acuan lainnya suatu benda dikatakan tidak bergerak.

Macam-macam Gerak

Gerak terdiri atas dua macam, yaitu gerak nyata dan gerak semu.

Gerak nyata atau gerak sebenarnya merupakan gerak yang benar-benar terjadi karena ada perubahan dari titik acuan.

Contohnya ketika berangkat ke sekolah, kamu melihat seseorang mengendarai motor, seseorang mengendarai mobil, dan orang berjalan menuju suatu tempat.
Pengertian dan Macam-macam Gerak
Gambar: Contoh Gerak Semu

Sedangkan gerak semu yaitu gerak dimana suatu benda yang diam tampak seakan-akan bergerak misalnya apabila kita mengendarai mobil, pohon-pohon yang kita lalui seolah-olah turut bergerak.

Menurut arah geraknya, gerak terdiri dari gerak lurus (gerak lurus beraturan/glb dan gerak lurus berubah beraturan/glbb), gerak parabola, dan gerak melingkar. Demikian pembahasan sekilas tentang pengertian gerak dan macam-macamnya.

Baca juga: Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Gerak"

Post a Comment