loading...

Tata Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar

Berikut ini adalah pembahasan tentang cara menggunakan mikroskop, cara kerja mikroskop, cara penggunaan mikroskop, cara menggunakan mikroskop cahaya, cara menggunakan mikroskop binokuler, cara memakai mikroskop, cara pemakaian mikroskop, cara membawa mikroskop, dan cara kerja mikroskop stereo.

Cara Menggunakan Mikroskop

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenal cara perawatan dan penggunaan mikroskop. Mikroskop disimpan di dalam kotak yang sebelumnya dibungkus oleh plastik.

Apabila mikroskop sudah digunakan segara bersihkan kembali segala kotoran yang ada dengan cara dilap dengan kain halus, kemudian kembalikan ke kotak asalnya, dengan kondisi lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dan keadaan mikroskopnya tegak.

Pada waktu mikroskop dibawa, gunakan dengan dua tangan. Tangan yang satu memegang lengan mikroskop, dan tangan satunya lagi memegang kaki mikroskop. Kamu dapat memperhatikan gambar yang mencontohkan cara membawa mikroskop.
Tata Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar
Gambar: Cara Membawa Mikroskop dengan Benar

Pada waktu mikroskop akan digunakan untuk melihat sesuatu atau spesimen, maka kamu harus:

  1. Gunakan lensa objektif degan perbesaran terkecil atau terlemah.
  2. Letakkan objek di meja mikroskop, dekatkan lensa objektif ke objeknya.
  3. Perhatikan bayangan objek melalui lensa okuler, dengan pemutar kasar, gerakkan lensa objektif menjauhi atau mendekati objek yang akan diamati.
  4. Atur posisi bayangan agar terlihat di tengah daerah pengamatan.
  5. Jika bayangan belum tampak , ulangi kegiatan di atas.
  6. Jika bayangan belum terlihat dengan jelas, usahakan jangan menggunakan lensa objektif yang berkekuatan besar.
  7. Pada waktu memindahkan lensa objektif dari perbesaran lemah ke perbesaran kuat, harus melihat ke samping untuk menghindari gesekan dengan kaca objek atau pecahnya kaca objek atau spesimen.
  8. Jangan mengarahkan cermin langsung ke arah sinar matahari, karena cahaya yang sangat kuat memantul ke cermin menuju mata dapat mengakibatkan terganggunya penglihatan.
  9. Bersihkan lensa dengan menggunakan kertas lensa. Beri air sedikit pada kertas lensa sebelum digunakan untuk membersihkan lensa. Untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan, gunakanlah alkohol yang diteteskan ke kertas lensa sebelum dibersihkan.
  10. Pada saat digunakan, kaca objek ditutup dengan menggunakan kaca penutup. Hati-hatilah saat menggunakan kaca penutup, karena mudah pecah dan dapat melukai tangan.


Cara Menggambar Hasil Pengamatan

Benda yang digambar akan berbentuk dua dimensi, yaitu benda yang hanya memiliki panjang dan lebar saja atau yang memiliki garis horizontal dan vertikal saja.

Agar gambar itu menjadi tiga dimensi tambahkan tinggi atau garis lainnya sehingga gambar itu tampak seperti benda sesungguhnya yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

Cara Mengukur Benda Asli Hasil Pengamatan

Benda yang berukuran kecil dapat terlihat besar pada penglihatan dengan menggunakan mikroskop. Tahukah berapa ukuran sebenarnya?

0 Response to "Tata Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar"

Post a Comment