loading...

Akibat Penebangan Hutan Secara Liar dan Upaya serta Cara Mengatasi Kerusakan Hutan

Berikut ini adalah pembahasan tentang hutan dan permasalahannya yang meliputi kerusakan hutan, cara menanggulangi kerusakan hutan, penebangan hutan secara liar, cara mengatasi kerusakan hutan, dampak dan akibat kerusakan hutan, penggundulan hutan, akibat penebangan hutan secara liar,  upaya mengatasi kerusakan hutan, kerusakan hutan akibat ulah manusia, cara mencegah kerusakan hutan, cara mengatasi kerusakan lingkungan, foto penebangan hutan secara liar, cara penanggulangan kerusakan hutan.

Penebangan Hutan secara Liar

Lingkungan dan ekosistem mengalami perubahan sehingga terjadi kerusakan. Perubahan itu dapat disebabkan oleh gangguan alam dan tindakan manusia. Gangguan alam dapat berupa bencana alam, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, angin, topan, kekeringan, dan sebagainya.

Perubahan akibat tindakan manusia terjadi karena sejak dahulu manusia berusaha untuk dapat hidup lebih baik dan lebih mudah sehingga dengan perkembangan sains dan teknologi, manusia terus memanfaatkan sumber daya alam.

Dampak dari eksploitasi hutan secara berlebihan adalah terjadinya perubahan lingkungan dan ekosistem berupa kerusakan hutan. Hutan terus-terusan diambil kayunya sehingga hutan menjadi gundul.

Hutan adalah suatu ekosistem berupa hamparan lahan yang didominasi oleh pepohonan. Selain itu, hutan juga merupakan sumber keanekaragaman hayati dan sistem penunjang kehidupan.

Masalah kehutanan yang sering dihadapi oleh berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia adalah penebangan liar dan kebakaran hutan di Indonesia, hutan merupakan sumber komoditas perdagangan yang menopang perekonomian negara. Oleh karena itu, eksploitasi hutan melalui penebangan sulit dihindari.
Akibat Penebangan Hutan Secara Liar dan Upaya serta Cara Mengatasi Kerusakan Hutan
Foto: Penebangan Hutan Secara Liar

Akibat Penebangan Hutan Secara Liar

Akibat hutan gundul pada waktu hujan turun, tanah tidak menyerap air dan terus mengalir ke daerah yang lebih rendah. Butiran dan humus tanah yang subur terbawa air dan diendapkan di tempat rendah sehingga akan mendangkalkan sungai.

Selain itu tanah menjadi gersang karena tidak mengandung humus, di musim penghujan menimbulkan banjir, dan hewan tidak lagi berada di hutan karena tidak ada tumbuhan. Akhirnya, kerusakan hutan membawa penderitaan bagi manusia.

Upaya dan Cara Mengatasi Kerusakan Hutan

Untuk mengatasi permasalahan hutan di Indonesia yang berdampak penderitaan pada manusia, perlu adanya usaha-usaha yang harus ditempuh, di antaranya:

a. Penebangan pohon di hutan harus segera dihentikan. Apabila tetap berlanjut, harus direncanakan, terarah, teratur, dan tidak semena-mena.

b. Melakukan tebang pilih, yaitu pohon yang akan ditebang harus memenuhi ukuran tertentu, tidak ditebang semuanya.

c. Membatasi izin penebangan hutan secara selektif kepada para pengusaha. Pengusaha yang nakal harus dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

d. Pengusaha hutan dan pemerintah harus benar-benar mengadakan reboisasi dan peremajaan tanaman tua.

e. Meningkatkan pengawasan yang melibatkan semua pihak terhadap penggunaan hutan.

f. Tidak melakukan pembakaran hutan dengan dalih apapun.

g. Laksanakan hukum secara benar dan adil untuk semua pihak.

Baca juga: Macam-macam pencemaran lingkungan

0 Response to "Akibat Penebangan Hutan Secara Liar dan Upaya serta Cara Mengatasi Kerusakan Hutan"

Post a Comment