loading...

Cara Menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian pada Bilangan Pecahan Desimal beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara menghitung pecahan desimal, sistem bilangan desimal, perkalian desimal, perkalian pecahan desimal, pembagian desimal, pembagian pecahan desimal, contoh perkalian pecahan desimal, contoh pembagian pecahan desimal.

Perkalian dan Pembagian Pecahan Desimal


a. Perkalian dengan Angka 10

Untuk mengetahui bagaimana caranya bilangan pecahan desimal apabila dikalikan 10 adalah dengan cara menggeser angka-angka desimalnya satu tempat ke kiri sementara koma desimal dibiarkan tetap pada tempatnya, sehingga hasilnya menjadi 10 kalinya bilangan semula. Demikian juga halnya perkalian dengan seratus, seribu, dan seterusnya.
Atau dengan cara menggeser koma satu tempat ke kanan dari tempat semula. Demikian juga apabila dikalikan seratus, geserkan koma dua tempat ke kanan dari tempat semula, demikian seterusnya.

Contoh Perkaliang desimal dengan anggka 10


b. Pembagian Bilangan Desimal dengan Angka 10

Pada pembagian dengan angka 10 dapat dilakukan dengan menggeser angka-angka satu tempat ke kanan sementara koma desimal dibiarkan tetap pada tempatnya. Demikian juga halnya pada pembagian dengan 100, cukup menggeser angka dua tempat ke kanan dan begitu seterusnya.

Contoh Pembagian desimal dengan angka 10



c. Pembagian Antarpecahan Desimal

Perhatikan Contoh Berikut!

Dari contoh di atas untuk menyelesaikan pembagian antarpecahan desimal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengubah penyebutnya menjadi bilangan bulat dengan cara mengalikannya dengan 10 atau kelipatannya baru kemudian kita lakukan pembagian biasa.

d. Menaksir Hasil Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan

Misalnya kita mau memperkirakan (menaksir) hasil kali dari 4,5 x 2,3. Perkalian ini dapat dihitung dengan cara 5 x 2 = 10 sebagai taksiran. Perkiraan dilakukan untuk melihat apakah letak koma desimal sudah pada tempat yang benar. Demikian juga halnya pada pembagian.

Contoh cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan picahan


Demikian pembahasan tentang operasi hitung pada bilangan pecahan desimal yang terdiri dari perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan dilengkapi dengan contohnya lengkap.

Baca juga: Penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal

3 Responses to "Cara Menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian pada Bilangan Pecahan Desimal beserta Contohnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Ralat untuk Contoh soal perkalian desimal dengan angka 10, yang nomor soal nomor 2b seharusnya adalah 424 X 8 = 3392

    ReplyDelete