loading...

Cara Mengubah Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran Ke Pecahan Desimal

Beriktu ini merupakan pembahasan tentang cara mengubah pecahan ke desimal yaitu cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal.

Cara Mengubah Pecahan ke Desimal

Sebagaimana diketahui dari pembahasan sebelumnya bahwa pecahan memiliki beberapa bentuk diantaranya adalah pecahan biasa dan pecahan campuran.

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Desimal

Untuk mengubah pecahan biasa menjadi bilangan desimal dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Untuk pecahan-pecahan yang penyebutnya bilangan 10 atau kelipatan dari 10 dapat diubah langsung di mana banyaknya angka desimal yaitu angka di sebelah kanan koma atau titik yang diperoleh sama dengan banyaknya nol pada penyebut.

Misalnya:



  • Untuk pecahan-pecahan yang penyebutnya bukan bilangan 10 atau kelipatan 10, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengubah penyebutnya menjadi bilangan 10 atau kelipatannya. 

Misalnya:



  • Untuk pecahan-pecahan yang penyebutnya tidak dapat diubah menjadi bilangan 10 atau kelipatannya, maka yang dilakukan adalah pembagian biasa. 

Misalnya:
.

Cara Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Desimal

Cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal, sama seperti cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal. Perhatikanlah contoh-contoh berikut ini!


Demikian pembahasan tentang cara mengubah pecahan ke desimal yaitu cara mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal dan cara mengubah pecahan campuran ke pecahan desimal.

Baca juga: Mengubah Pecahan menjadi Persen dan Permil

0 Response to "Cara Mengubah Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran Ke Pecahan Desimal"

Post a Comment