loading...

Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai

Berikut ini merupakan pembahasan yang masih terkait dengan bilangan pecahan yaitu tentang pecahan senilai yang meliputi pengertian pencahan senilai, cara menentukan pecahan senilai atau cara memperoleh pecahan senilai.

Perhatikan gambar di bawah ini! Lingkaran (1, (2), dan (3) mempunyai luas yang sama. Luas daerah yang diarsir pada Gambar (i) adalah ½ dari lingkaran, pada Gambar (ii) adalah 2/4 dari lingkaran, dan Gambar (iii) adalah 4/8 dari lingkaran.

Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai
Gambar: Contoh Pecahan Senilai

Dari Gambar tersebut dapat dilihat bahwa luas daerah yang diarsir pada ketiga lingkaran itu adalah sama. Jadi, ½ = 2/4 = 4/8.

Bentuk ketiga pecahan di atas disebut pecahan senilai. Selanjutnya perhatikanlah hubungan-hubungan berikut:

Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai

Pengertian Pecahan Senilai

Berdasarkan hubungan-hubungan di atas, pecahan senilai dapat diperoleh dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan suatu bilangan yang sama yang bukan nol.
Pecahan senilai adalah pecahan yang nilainya tidak akan berubah walaupun pembilang dan penyebutnya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama yang tidak nol.
Untuk menentukan pecahan yang senilai dengan a/b , b ¹ 0 dapat digunakan hubungan berikut:

Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai

Pecahan a/b dengan b ¹ 0 dapat diubah ke dalam bentuk paling sederhana dengan cara membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan FPB dari a dan b. (FPB = Faktor Persekutuan Besar)

Contoh Soal Pecahan Senilai

Tentukanlah tiga pecahan yang senilai dengan:
a. 3/5
b. 8/12

Penyelesaian:

Demikian pembahasan tentang pecahan senilai yang meliputi pengertian pecahan senilai, dan cara menentukan atau memperoleh pecahan senilai.

0 Response to "Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai"

Post a Comment