loading...

20 Daftar Menu Buka Puasa Sederhana tapi Spesial dan Populer

Anda wajib tahu minimal sekedar tahu apa saja yang termasuk menu buka puasa spesial bagi anda dan keluarga serta orang-orang terdekat anda.

Salah satu momen di bulan ramadhan yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang adalah momen ketika berbuka puasa. Berbuka puasa merupakan momen yang paling dinanti-nanti setelah kita menahan lapar, minum dan hawa nafsu selama kurang lebih 12 jam.

Sebagai ibu rumah tangga, kita pasti dipusingkan dengan menu apa yang akan kita hidangkan untuk keluarga tercinta. Dalam artikel berikut ini, saya akan mencoba membagikan beberapa resep makanan yang sangat cocok untuk menu buka puasa.

Menu buka puasa yang akan saya bagikan ini akan menjadikan puasa anda lebih berwarna dan menyenangkan, apalagi kalau berbuka puasa dengan keluarga tercinta. Biasanya 1-2 jam sebelum adzan maghrib, saya dan anak bungsu saya sudah stay di dapur dan siap menghidangkan menu buka puasa untuk keluarga tercinta.

20 Daftar Menu Buka Puasa

Semua resep berikut ini tergolong sederhana, karena proses pembuatan beserta bahan-bahannya mudah anda dapatkan di pasar maupun di dapur. Lansung deh, yuuk simak aneka resep untuk hidangan buka puasa berikut ini :
Menu Buka Puasa
Gambar: Menu Buka Puasa

1. Sayur asem

Sayur asem merupakan masakan khas Indonesia yang dibilang cukup sederhana. Meskipun tergolong masakan yang sederhana, sayur asem ini selalu menjadi sahabat banyak orang ketika menjelang buka puasa. Mengingat bahan dan cara membuatnya yang sangat simpel, tidak salah jika sayur asem sangat cocok dijadikan menu buka puasa.

2. Perkedel kentang

Salah satu lauk yang sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu perkedel kentang. Lauk yang satu ini banyak digemari oleh banyak orang, terutama menjelang buka puasa. Selain itu, bahan untuk membuat perkedel kentang amat murah dan mudah anda dapat di dapur maupun dipasar, sehingga membuat perkedel kentang ini tidak merogoh kocek terlalu dalam.

3. Bakwan jagung

Sama halnya dengan perkedel kentang, bakwan jagung ini menjadi lauk favorit banyak orang menjelang puasa. Saya seringkali menyajikan bakwan jagung ini sebagai menu buka puasa untuk keluarga saya. Selain bahannya yang mudah didapat, bakwan jagung ini pembuatannya tidak memerlukan sentuhan koki profesional loh, hehehe tangan ibu rumah tangga seperti saya pun bisa kok.

4. Tempe bacem

Tempe merupakan bahan makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tempe dapat diolah menjadi berbagai varian makanan, salah salah satunya adalah tempe bacem. Bacem merupakan salah satu metode memasak yang khas, dimana bahan makanan yang sering dibacem adalah tempe dan tahu.

5. Pepes tongkol

 Pepes, salah satu metode memasak yang tak kalah uniknya dengan bacem. Metode memasak ini dilakukan dengan membakar/ merebus makanan yang terlebih dahulu telah dibungkus oleh daun pisang. Pepes tongkol mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Yuup, hidangan yang berbahan dasar ikan tongkol dengan balutan bumbu yang lezat ini sudah tentu sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

 6. Ikan bakar

Ikan memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh kita. Banyak sekali hidangan yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah ikan bakar. Seperti namanya, kuliner ini dimasak dengan cara dibakar di atas arang layaknya sate.

Dengan ditemani kecap pedas atau sambal tomat, anda bakalan ketagihan ketika menyantap ikan bakar ini. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan ikan bakar sebagai menu buka puasa mereka.

7. Soto

Hidangan berkuah khas Indonesia ini sudah banyak dikenal, bahkan di mancanegara. Saya biasanya menyajikan soto ini pada menu buka puasa pertama. Saya dan keluarga sangat antusias menyantap hidangan berkuah ini, apalagi suami saya yang memang suka sekali dengan yang namanya soto. Silakan anda coba sendiri bagaimana kenikmatan soto untuk menu berbuka puasa bersama keluarga.

8. Sayur lodeh

Sama halnya dengan soto, hidangan berkuah yang cocok untuk menu buka puasa adalah sayur lodeh. Dengan tambahan sedikit kecap pedas, citarasa dari sayur lodeh ini tidak perlu diragukan lagi.

Kalau soal bahan dan cara pembuatan sayur lodeh ini sih menurut saya gampang. Mungkin anda bisa melihat resepnya yang sudah pernah saya tulis dibawah.

9. Sambal bajak

Selain pas untuk menu sahur, jenis sambal yang satu ini sungguh sangat disayangkan jika anda tidak menjadikannya sebagai menu berbuka puasa. Sambal bajak ini sudah berkali-kali saya hidangkan untuk keluarga selama bulan puasa karena memang sambal ini mempunyai citarasa yang khas dan dapat disandingkan dengan banyak makanan seperti ayam goreng, tempe bacem dan lain sebagainya.


10. Bakwan udang

Tidak hanya bakwan jagung yang menjadi favorit banyak orang ketika hendak berbuka puasa. Bakwan udang juga turut serta menjadi hidangan yang tak kalah lezatnya dengan bakwan jagung.

Dengan berbahan dasar udang yang dibalut tepung yang sudah dibumbui, bakwan udang ini memiliki tekstur krenyes-krenyes yang bakalan memanjakan lidah anda. Silakan anda coba sendiri untuk membuktikannya.


11. Sambal tomat

Sama halnya dengan sambal bajak, sambal tomat ini memiliki citarasa pedas yang sangat khas. Yang saya sukai dengan sambal tomat ini adalah, bahwa sambal tomat dapat disandingkan dengan berbagai hidangan lain seperti ayam goreng.

Dengan bahan dan cara pembuatannya yang simpel dan praktis membuat sambat tomal ini menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan salah satu hidangan untuk berbuka puasa.

12. Tahu Telur

Hidangan khas Jawa Timur yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Biasanya anda bisa menemukan hidangan ini di warung tenda khas Lamongan atau Sidoarjo.

13. Sop Buah

Hidangan segar yang pertama kali muncul di kota Bandung ini bisa menjadi hidangan pembuka puasa yang menarik. Rasa segar dari kuah manis yang terbuat dari es, sirup vanili, dan susu kental manis berpadu dengan segar dan asamnya buah-buahan.

14. Capcay Kuah

Resep capcay kuah yang diadaptasi dari resep masakan chinese ini kaya akan berbagai jenis sayuran. Kata “cap” dalam bahasa cina berarti angka 10, karena memang ada 10 jenis sayuran yang digunakan dalam masakan ini.

15. Perkedel

Perkedel adalah olahan kentang yang diadaptasi dari makanan khas negeri Belanda frijkadel. Jika pada resep asalnya lebih banyak menggunakan daging cincang dibandingkan kentang, resep perkedel di Indonesia justru kebalikannya, penggunaan kentang lebih besar porsinya dibanding daging cincang.

16. Plecing Kangkung Lombok

Plecing kangkung merupakan masakan khas daerah Nusa Tenggara Barat. Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok, makanan ini sangatlah terkenal.

17. Pepes Ayam

Pepes merupakan masakan khas daerah sunda. Resep pepes ayam yang kami sajikan ini bisa menjadi hidangan lauk sahur yang praktis dan sehat. Diolah dengan cara dikukus menjadikan hidangan ini sehat karena minim penggunaan minyak goreng.

18. Sayur Daun Singkong

Di dalam daun singkong terkandung banyak vitamin B dan C, juga mineral lain yang penting bagi tubuh seperti zat besi (Fe), Kalsium, dan Fosfor. Karena kandungan vitamin dan mineralnya inilah maka daun singkong sangat pas dijadikan hidangan santap sahur.

19. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah olahan khas daerah Purwokerto, Banjarnegara dan sekitarnya. Jika anda melintasi jalan lintas Jawa melalui jalur Purwokerto, anda akan dengan mudah menemukan barisan kios penjual tempe mendoan dan tape goreng, oleh-oleh khas kota tersebut.

20. Buntil

Buntil merupakan masakan yang sangat terkenal di tanah Jawa, terutama Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk membuat resep buntil, biasanya digunakan daun pepaya atau daun singkong sebagai pembungkus buntilnya.

Dengan menu-menu yang saya bagikan di atas, saya berharap momen Ramadhan anda bersama keluarga menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Semoga puasa kita berjalan lancar dan mendapatkan pahala dari-Nya. (Sumber: bacaresepdulu.com, indirania.com)

Baca juga: Cara membuat Tempe Lengkap

0 Response to "20 Daftar Menu Buka Puasa Sederhana tapi Spesial dan Populer"

Post a Comment