loading...

Cara Membuat Proposal dan Contoh Proposal Pengajuan Bantuan Dana Kegiatan Keagamaan di Masjid

Berikut ini adalah pembahasan tentang proposal kegiatan yang meliputi contoh proposal kegiatan, cara membuat proposal kegiatan, contoh proposal pengajuan dana, contoh proposal bantuan dana kegiatan, contoh pendahuluan proposal, contoh proposal kegiatan 17 agustus, contoh proposal kegiatan kampus, contoh membuat proposal kegiatan, contoh proposal kegiatan bakti sosial, contoh proposal kegiatan keagamaan dan contoh proposal kegiatan masjid.

Pengertian Proposal

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara membuat proposal, Anda harus mengerti dan paham apa itu proposal?
Proposal adalah suatu usulan kegiatan atau rencana yang diterangkan dalam bentuk rancangan kerja secara terperinci dan sistematis yang akan dilaksanakan atau dikerjakan. Proposal dibuat untuk mendapatkan persetujuan atau dukungan pihak lain. Namun, adakalanya proposal juga dibuat untuk memohon bantuan dana. (Contohpedia.com)

Jenis Jenis Proposal

Secara umum proposal dibedakan menjadi 4 jenis yaitu
  1. Proposal Bisnis - proposal ini berkaitan dengan dunia usaha baik itu perseorangan maupun kelompok dan contoh dari proposal ini misalnya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama antar perusahaan.
  2. Proposal Proyek - pada umumnya proposal proyek ini mengacu pada dunia kerja yang berisikan serangkaian rencana bisnis atau komersil misalnya proposal proyek pembangunan.
  3. Proposal Penelitian - Jenis proposal ini lebih sering digunakan di bidang akademisi misalnya penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis dan lainnya. Isi dari proposal ini adalah pengajuan kegiatan penelitan.
  4. Proposal Kegiatan - yaitu pengajuan rencana sebuah kegiatan baik itu bersifat individu maupun kelompok misalnya proposal kegiatan pentas seni budaya
Contoh Proposal Kegiatan
Gambar: Contoh Proposal Kegiatan


Berdasarkan bentuknya proposal terbagi menjadi 3 jenis yaitu
  1. Proposal bentuk formal - Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian pendahuluan, isi proposal, dan bagian pelengkap penutup. Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan. Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Sedangkan bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
  2. Proposal bentuk non formal - proposal non formal ini tidak selengkap proposal formal dan biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. proposal non formal harus selalu mengandung hal-hal berikut yaitu, masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.
  3. Proposal semi formal - jenis proposal ini hampir sama dengan proposal non formal karena tidak selengkap jenis proposal formal

Cara Membuat Proposal

Bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar?
Proposal yang baik dan benar setidaknya memenuhi sistematika atau susunan sebagai berikut;
  1. Pendahuluan (Kata Pengantar)
  2. Landasan Kegiatan
  3. Nama Kegiatan
  4. Tema kegiatan
  5. Maksud dan tujuan kegiatan
  6. Jenis kegiatan
  7. Sasaran Kegiatan
  8. Penyelenggara kegiatan
  9. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  10. Anggaran dana kegiatan
  11. Penutup

Untuk Contoh proposal pengajuan bantuan dana kegitan dapat di download melalui link berikut (Contoh Proposal Pengajuan Bantuan Dana Kegitan)

Baca juga: Contoh Halaman Judul Proposal

0 Response to "Cara Membuat Proposal dan Contoh Proposal Pengajuan Bantuan Dana Kegiatan Keagamaan di Masjid"

Post a Comment