loading...

Pengertian Garis Singgung Lingkaran

Selain rantai sepeda, masih banyak contoh lain yang berhubungan dengan garis singgung lingkaran. Misalnya, rantai roda tank, rantai sepeda motor, dan tali kipas mesin.

Pengertian Garis Singgung Lingkaran

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas materi tentang garis singgung lingkaran. Apakah garis singgung lingkaran itu? Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Pengertian Garis Singgung Lingkaran

Gambar di atas merupakan lingkaran yang berpusat di O. Lingkaran tersebut bersinggungan dengan garis g dan h. Garis g memotong lingkaran di satu titik, yaitu di titik A.

Sedangkan garis h memotong lingkaran di satu titik, yaitu di titik B. Garis g dan h inilah yang dinamakan garis singgung. Sedangkan titik B dan titik A dinamakan titik singgung.
Jadi yang dimaksud dengan garis singgung lingkaran adalah suatu garis yang memotong lingkaran tepat di satu titik. 
Coba jelaskan mengapa garis l bukan termasuk garis singgung lingkaran?

Perhatikan kembali gambar di atas. Garis g dan garis h tegak lurus OB dan OA, sedangkan OB dan OA adalah jari-jari lingkaran.
Jadi, garis singgung lingkaran akan tegak lurus dengan jari-jari lingkaran yang melalui titik singgungnya.
Dapatkah kita membuat garis singgung lainnya di titik A dan di titik B? Ternyata, bagaimanapun caranya, kita tidak akan bisa membuat garis singgung yang lain di titik A dan di titik B.
Dengan demikian, kita hanya dapat membuat satu garis singgung lingkaran dari satu titik pada sebuah lingkaran.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Pengertian Garis Singgung Lingkaran

Garis c, e, dan f adalah garis singgung lingkaran karena memotong lingkaran di satu titik dan tegak lurus dengan jari-jari melalui titik singgungnya.

Garis a, b, d, g, dan h bukan garis singgung lingkaran karena jika garisnya di perpanjang, akan memotong lingkaran di dua titik.

Baca juga: Sifat Sudut Keliling

0 Response to "Pengertian Garis Singgung Lingkaran"

Post a Comment