loading...

Pengertian Lingkaran dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang lingkaran yang meliputi pengertian lingkaran, unsur unsur lingkaran, definisi lingkaran, bagian bagian lingkaran, arti lingkaran.

Sebagian kita masih ada yang bingung membedakan antara lingkaran dan bola. Apakah berbedaan lingkaran dan bola?

Di sekitar kita banyak sekali benda-benda yang berbentuk lingkaran, seperti piring, jam dinding, jam tangan, permukaan drumband dan lain-lain.

Dapatkah kalian menyebutkan benda lain yang bagian tepinya berbentuk lingkaran? Dan apakah yang dimaksud dengan lingkaran?

Pengertian Lingkaran

Lingkaran adalah kumpulan titik-titik pada garis lengkung yang mempunyai jarak yang sama terhadap pusat lingkaran. Garis lengkung tersebut kedua ujungnya saling bertemu membentuk daerah lingkaran (luas lingkaran).

Unsur-unsur Lingkaran

Lingkaran memiliki bagian-bagian yang sering disebut dengan unsur-unsur lingkaran. Apa saya yang termasuk unsur-unsur lingkaran?  Perhatikan gambar berikut!
Bagian-bagian atau Unsur-unsur Lingkaran
Gambar: Bagian-bagian atau Unsur-unsur Lingkaran

Penjelasan Unsur-unsur lingkaran adalah sebagai berikut;
  1. Titik O disebut titik pusat lingkaran.
  2. Garis OA, OB, OC, dan OD disebut jari-jari lingkaran (r).
  3. Garis AB dan CD disebut diameter (d) atau garis tengah. Garis tengah, yaitu garis yang menghubungkan dua titik yang berada tepat pada lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran (titik O). Panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran (d = 2r).
  4. Garis lurus AD disebut tali busur.
  5. Garis lengkung AD dan CB disebut busur, biasa ditulis AD dan CB . Busur dibagi menjadi dua bagian, yaitu busur kecil (garis lengkung AED) dan busur besar (garis lengkung ACBD). (Jika disebut busur AD dan tidak ada keterangan, maka busur yang dimaksud adalah busur kecil/busur AED).
  6. Daerah yang batasi oleh busur dan dua buah jari-jari disebut juring, misalnya daerah yang dibatasi oleh busur CB, OC, dan OB membentuk juring COB.
  7. Daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur disebut tembereng, misalnya daerah yang dibatasi oleh busur AD dan tali busur AD membentuk tembereng.
  8. Garis OF disebut apotema, yaitu jarak terpendek tali busur terhadap titik pusat lingkaran.

Baca juga: Rumus Keliling Lingkaran

0 Response to "Pengertian Lingkaran dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap"

Post a Comment