loading...

Langkah-langkah Cara Membuat (Menggambar) Kubus dan Balok

Berikut adalah pembahasan tentang kubus dan balok yang meliputi cara menggambar kubus, cara menggambar balok, langkah langkah menggambar kubus, langkah langkah menggambar balok, cara membuat kubus, cara membuat kubus dari karton, cara membuat balok dari karton, cara membuat bangun ruang dari karton.

Cara Menggambar Kubus dan Balok

Untuk mempermudah dalam menggambar sebuah kubus dan balok, sebaiknya kalian mengguna kan kertas berpetak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggambar kubus dan balok seperti gambar di bawah ini, yaitu:
Gambar: Kubus (a) dan Balok (b)
Gambar: Kubus (a) dan Balok (b)
  1. Untuk menggambar kubus dan balok, bidang depan dan bidang belakang harus digambar kongruen (bentuk dan ukurannya sama).
  2. Bidang depan dan belakang pada kubus berbentuk persegi, sedangkan pada balok berbentuk persegi panjang.
  3. Garis yang tidak terlihat oleh pandangan, digambar dengan garis putus-putus.

Langkah-langkah Menggambar Kubus dan Balok

Sebagai contoh, kita akan menggambar balok PQRS.TUVW seperti pada gambar (b). Berdasarkan ketiga hal di atas, maka untuk menggambar balok tersebut, ikutilah langkah-langkah berikut:
Langkah-langkah Menggambar Kubus dan Balok
Gambar: Langkah-langkah Menggambar Kubus dan Balok
  1. Gambarlah bidang depan terlebih dahulu, yaitu bidang PQUT yang berbentuk persegi panjang (lihat gambar(a)).
  2. Kemudian gambarlah bidang belakang, yaitu bidang SRVW yang kongruen dengan bidang depan (lihat gambar(b)), dengan garis SR dan SW digambar putus-putus (garis yang tidak terlihat oleh pandangan).
  3. Gambarlah garis yang menghubungkan titik-titik sudut antara bidang depan PQUT dengan bidang belakang SRVW. Garis SP digambar putus-putus (lihat gambar(c)).

0 Response to "Langkah-langkah Cara Membuat (Menggambar) Kubus dan Balok"

Post a Comment