loading...

Pengertian Bidang Diagonal dan Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu unsur kubus dan balok yaitu adanya bidang diagonal yang meliputi pengertian bidang diagonal, contoh soal bidang diagonal.

Pengertian Bidang Diagonal

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang diagonal bidang dan diagonal ruang. Berbeda dengan diagonal bidang, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang bidang diagonal.

Apakah yang dimaksud dengan bidang diagonal?
Bidang diagonal adalah daerah yang dibatasi oleh dua buah diagonal bidang dan dua buah rusuk yang saling berhadapan, dan membagi bangun ruang menjadi dua bagian. 
Perhatikan gambar berikut ini!

Pengertian Bidang Diagonal dan Contoh Soalnya

Bidang Diagonal Kubus dan Balok

Balok PQRS.TUVW terbagi menjadi dua bagian oleh diagonal bidang WU, diagonal bidang SQ, rusuk QU, dan rusuk SW yang membentuk satu bidang, yaitu bidang SQUW (Gambar (a)).

Begitu juga bidang ABGH membagi kubus ABCD.EFGH menjadi dua bagian (Gambar (b)). Coba kamu sebutkan, diagonal bidang dan rusuk mana saja yang membatasi bidang ABGH!

Bidang seperti SQUW dan ABGH ini dinamakan bidang diagonal. Dapatkah kamu menyebutkan bidang diagonal yang lainnya?

Bidang diagonal pada balok sama dengan bidang diagonal pada kubus, hanya bentuknya saja yang berbeda. Perhatikan kembali gambar di atas!.

Ternyata bidang diagonal SQUW berbentuk persegi panjang, karena SQ//WU, QU//SW, SQ⊥QU, dan WU⊥SW. Sedangkan bentuk diagonal ABGH adalah persegi, coba kalian jelaskan mengapa bentuk diagonal ABGH merupakan sebuah persegi!

Contoh Soal Bidang Diagonal

Jika panjang diagonal bidang sebuah kubus adalah 98 cm. Hitunglah luas bidang diagonal kubus tersebut!

Pengertian Bidang Diagonal dan Contoh Soalnya

Luas bidang diagonal = rusuk × panjang diagonal bidang
= s × s√2
= s2√2
= 72√2
= 49√2 cm2.

Baca juga: Unsur-unsur Kubus dan Balok

0 Response to "Pengertian Bidang Diagonal dan Contoh Soalnya"

Post a Comment