loading...

Pengertian dan Cara Membuat Jaring-jaring Kubus dan Balok

Berikut ini adalah pembahasan tentang cara membuat jaring jaring kubus, cara membuat jaring jaring balok, pengertian jaring jaring kubus, pengertian jaring jaring balok.

Jaring-jaring Kubus dan Balok

Jika sebuah bangun ruang diiris pada beberapa rusuknya, kemudian kita buka dan dibentangkan sedemian rupa sehingga menjadi sebuah bangun datar, maka bangun datar tersebut akan membentuk jaring-jaring bangun ruang.

1. Cara Membuat Jaring-Jaring Kubus

Perhatikan gambar berikut!
Membuat Jaring-jaring Kubus
Gambar: Membuat Jaring-jaring Kubus

Jika kubus ABCD.EFGH pada gambar (a) kita iris sepanjang rusuk AE, EF, FB, CG, GH, dan HD, kemudian kita buka dan bentangkan, maka akan membentuk bangun datar seperti terlihat pada gambar (b). Banun datar tersebut merupakan jaring-jaring kubus. 

Dapat kamu lihat, bahwa jaring-jaring kubus terdiri dari enam buah persegi yang kongruen (sama bentuk dan ukurannya).
Jaring-jaring kubus adalah bangun datar dari bukaan bangun ruang menurut rusuknya dan apabila dipotong menurut rusuk-rusuknya kemudian tiap sisinya direntangkan akan menghasilkan jaring-jaring kubus juga. 
Jika kita lipat kembali pada garis yang menjadi perbatasan dua buah persegi, maka akan terbentuk kubus ABCD.EFGH. Dengan catatan, tidak ada persegi yang bertumpuk.

Jika kita iris pada rusuk yang berbeda maka akan menghasilkan ja ring-jaring kubus yang berbeda pula. Coba kamu iris kembali kubus pada gambar (a) dengan irisan yang berbeda-beda. Berapa banyak jaring-jaring kubus yang dapat kamu peroleh?

Baca selengkapnya: Contoh Jaring-jaring Kubus Lengkap

2. Cara Membuat Jaring-jaring Balok

Perhatikan gambar berikut ini!
Membuat Jaring-jaring Balok
Gambar: Membuat Jaring-jaring Balok
Jika balok PQRS.TUVW pada gambar (a) kita iris sepanjang rusuk RV, VU, UQ, SW, WT, dan TP, kemudian kita buka dan bentangkan, maka akan membentuk jaring-jaring balok seperti terlihat pada gambar (b).
Jaring-jaring balok merupakan rangkaian bidang datar (sisi-sisi) yang apabila dipasang atau dirangkaikan akan membentuk sebuah balok.
Apabila rusuk yang kita iris berbeda, maka akan menghasilkan jaring-jaring balok yang berbeda pula. Dapatkah kamu membentuk jaring-jaring balok yang lainnya?

Baca juga: Contoh Jaring-jaring Balok

0 Response to "Pengertian dan Cara Membuat Jaring-jaring Kubus dan Balok"

Post a Comment