loading...

Pengertian dan Macam-macam Contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah pembahasan tentang bangun ruang sisi lengkung, pengertian bangun ruang sisi lengkung, macam macam bangun ruang sisi lengkung, contoh bangun ruang sisi lengkung, bangun ruang sisi lengkung smp kelas 9, contoh soal bangun ruang sisi lengkung, rumus bangun ruang sisi lengkung.

Pengertian Bangun Ruang Sisi Lengkung

Sebelumnya, kamu telah mengenal bangun-bangun ruang seperti tabung, kerucut, dan bola. Bangun-bangun ruang tersebut akan kamu pelajari kembali pada pembahasan ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin sering melihat bendabenda yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola. Misalnya, sebuah tangki berbentuk tabung memiliki jari-jari 15 m dan tingginya 50 m.

Jika tangki tersebut akan diisi minyak tanah sampai penuh, berapa liter minyak tanah yang diperlukan? Untuk menjawabnya, pelajarilah pembahasan ini dengan baik.
Bangun ruang sisi lengkung adalah kelompok bangun ruang yang memiliki bagian-bagian yang berbentuk lengkungan. Biasanya bangun ruang tersebut memiliki selimut ataupun permukaan bidang. Yang termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung adalah tabung, kerucut, dan bola.

Contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung

Pada pembahasan sebelumnya, kamu telah mempelajari bangun ruang sisi tegak seperti kubus, balok, prisma, dan limas. Pada bab ini, bangun ruang tersebut akan diperluas dengan mempelajari bangun ruang sisi lengkung, yaitu tabung, kerucut, dan bola.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti pernah menemukan benda-benda seperti kaleng susu, nasi tumpeng, dan bola sepak.
Contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung
Gambar: Contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung

Perhatikan Gambar di atas! Gambar (a), (b), dan (c) merupakan contoh-contoh bangun ruang sisi lengkung. Sekarang, coba kamu sebutkan nama-nama bangun ruang yang diwakili oleh gambar-gambar tersebut.

Baca juga: Syarat Segitiga Kongruen

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment