loading...

Pengertian Prisma dan Limas serta Macam-macam Jenis Prisma dan Limas

Berikut ini adalah pembahasan tentang prisma dan limas yang meliputi pengertian prisma, pengertian limas, macam macam prisma, jenis jenis prisma, macam macam limas, jenis jenis limas.

Pengertian Prisma dan Limas

Pada pembahasan sebelumnya, kalian telah mempelajari bangun ruang kubus dan balok. Sedangkan pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari bentuk bagun ruang yang lain, yaitu prisma dan limas. Apakah yang dimaksud dengan bangun ruang prisma dan limas?

1. Pengertian Prisma

Perhatikan gambar bangun ruang berikut!
Macam-macam Jenis Prisma
Gambar: Macam-macam Jenis Prisma

Bangun-bangun ruang di atas semuanya mempunyai dua bidang yang sejajar serta bidang-bidang lainnya berpotongan menurut garis-garis yang sejajar. Bangun-bangun ruang seperti inilah yang dinamakan prisma.
Jadi prisma adalah bangun ruang yang memiliki sepasang bidang sejajar dan kongruen yang merupakan alas dan tutup.
Sedangkan bidang-bidang lainnya diperoleh dengan menghubungkan titik-titik sudut dari dua bidang yang sejajar.

Macam-macam Jenis Prisma

Jenis prisma ada beberapa macam yang diberi nama sesuai bentuk alas prisma. Contoh, gambar (a) dinamakan prisma segi empat karena dua bidang yang sejajar berupa segi empat. Gambar (b) dinamakan prisma segilima, sedangkan gambar (c) dinamakan prisma segitiga.

Jika kita perhatikan semua prisma (a), (b), dan (c) mempunyai rusuk-rusuk yang tegak. Prisma seperti ini dinamakan prisma tegak.

Sebaliknya jika kita perhatikan gambar prisma (d) mempunyai rusuk-rusuk tidak tegak lurus dengan alas dan tutupnya. Prisma seperti ini dinamakan prisma miring. Pada pembahasan ini, kita akan membahas prisma tegak saja.

2. Pengertian Limas

Sekarang perhatikan bangun-bangun ruang di bawah ini!
Macam-macam Jenis Limas
Gambar: Macam-macam Jenis Limas

Bangun-bangun ruang di atas memiliki satu bidang sebagai alas, sedangkan bidang-bidang lainnya berbentuk segitiga yang bertemu pada satu titik puncak. Bangun ruang seperti inilah yang dinamakan limas.
Limas adalah bangun yang dibatasi oleh sebuah segi-n sebagai alas dan n buah bidang berbentuk segi tiga yang bertemu pada suatu pucak.Limas dinamakan berdasarkan jenis alasnya, misalnya limas segitiga, limas segi enpat, limas segi lima, dll.

Macam-macam Jenis Limas

Jenis limas ada beberapa macam dan diberi nama sesuai dengan bentuk bidang alasnya. Misalnya, gambar (a) dinamakan limas segitiga, gambar (b) disebut limas segiempat, sedangkan gambar (c) dinamakan limas segilima. Dapatkah kamu menyebutkan bentuk limas yang lain?

Baca juga: Rumus Volume Kubus dan Balok

0 Response to "Pengertian Prisma dan Limas serta Macam-macam Jenis Prisma dan Limas"

Post a Comment