loading...

Pengertian serta Unsur-unsur Kubus dan Balok Lengkap

Berikut adalah pembahasan tentang kubus dan balok yang meliputi pengertian kubus, pengertian balok, bagian bagian kubus, bagian bagian balok, jumlah rusuk kubus, jumlah rusuk balok, diagonal ruang kubus, diagonal ruang balok, unsur-unsur balok, unsur-unsur kubus, bidang diagonal kubus, bidang diagonal balok.

Pengertian Kubus dan Balo

Kubus dan balok termasuk salah satu bentuk bangun ruang, yaitu benda-benda yang mempunyai panjang, lebar, dan kedalaman.

Kubus dan balok juga merupakan bangun ruang yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dus mi instant, lemari pakaian, kotak pasta gigi, tempat alat tulis, lemari es, dan lain sebagainya.

Dapatkah kamu menyebutkan benda-benda lainnya yang berbentuk kubus dan balok?
Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.

Unsur-unsur Kubus dan Balok

Bagian-bagian dari kubus dan balok adalah bidang, rusuk, titik sudut, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Perhatikan contoh berikut ini.
Unsur-unsur Kubus dan Balok
Gambar: Unsur-unsur Kubus dan Balok

a. Bidang

Bidang adalah daerah yang membatasi bagian luar dengan bagian dalam dari suatu bangun ruang. Perhatikan gambar di bawah ini. Ada berapa bidang yang dapat kalian temukan pada kubus maupun balok tersebut?

Baca selengkapnya: Pengertian Bidang dan Jumlah Bidang Kubus dan Balok

(a) Kubus dan (b) Balok
Gambar: (a) Kubus dan (b) Balok

b. Rusuk dan Titik Sudut

Rusuk adalah perpotongan dua buah bidang yang berupa garis. Perhatikan gambar di bawah ini, ada berapa banyak rusuk pada kubus maupun balok tersebut? Rusuk pada kubus sama panjang, sedangkan rusuk pada balok mempunyai 3 ukuran, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.

Baca selengkapnya: Pengertian Rusuk dan Titik Sudut Kubus/Balok beserta Jumlahnya

c. Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang


d. Bidang Diagonal

Bidang diagonal adalah daerah yang dibatasi oleh dua buah diagonal bidang dan dua buah rusuk yang saling berhadapan, dan membagi bangun ruang menjadi dua bagian. 
Baca selengkapnya: Pengertian Bidang Diagonal beserta Contohnya

Perhatikan gambar berikut ini!
Bidang Diagonal Balok dan (b) Bidang Diagonal Kubus
Gambar: (a) Bidang Diagonal Balok dan (b) Bidang Diagonal Kubus
Baca juga: Dalil atau Teorema Pythagoras

0 Response to "Pengertian serta Unsur-unsur Kubus dan Balok Lengkap"

Post a Comment