loading...

Unsur-unsur Prisma dan Limas serta Bidang Diagonal Prisma dan Limas

Berikut ini adalah pembahasan tentang bagian bagian prisma, bagian bagian limas, unsur unsur prisma, unsur unsur limas.

Bagian bagian Prisma dan Limas

Cobalah ingat kembali definisi-definisi dari bidang, rusuk, titik sudut, diagonal bidang, dan diagonal ruang sebuah bangun ruang.

Unsur-unsur Prisma

Pelajarilah contoh yang membahas prisma berikut ini.

Gambar di bawah ini adalah prisma segilima ABCDE.FGHIJ. Bidang pada prisma tersebut adalah ABCDE (bidang alas) dan FGHIJ (bidang tutup) yang berbentuk segilima. Sedangkan bidang-bidang tegaknya, yaitu ABGF, BCHG, CDIH, DEJI, dan EAFJ yang berbentuk persegi panjang.
Prisma Segi Lima
Gambar: Prisma Segi Lima

Jumlah rusuk pada prisma segilima ini adalah 15 buah, dengan rusuk tegaknya adalah AF, BG, CH, DI, dan EJ. Sedangkan rusuk-rusuk lainnya adalah AB, BC, CD, DE, EA, FG, GH, HI, JF, dan IJ.

Unsur-unsur Limas

Selanjutnya, pelajarilah contoh limas berikut ini. Gambar di bawah ini adalah limas segiempat T.ABCD.
Limas Segi Empat
Gambar: Limas Segi Empat

Bidang alas limas tersebut, yaitu ABCD, berbentuk segiempat, serta bidang-bidang tegak lainnya, yaitu TAB, TBC, TCD, dan TAD berbentuk segitiga.

Jumlah rusuk limas segiempat ini adalah 8 buah. Rusuk tegaknya adalah TA, TB, TC, dan TD, sedangkan rusuk-rusuk lainnya adalah AB, BC, CD, dan DA.

1. Bidang Diagonal Prisma

Perhatikan gambar berikut ini!
Bidang Diagonal Prisma
Gambar: Bidang Diagonal Prisma

Gambar di atas merupakan gambar prisma segilima beraturan ABCDE.FGHIJ. Bidang ACHF pada gambar (a) merupa kan bidang diagonal prisma yang dibatasi oleh dua buah diagonal bidang, serta dua buah rusuk tegak.

Bidang seperti ACHF inilah yang dinamakan dengan bidang diagonal prisma. Dapatkah kamu menyebutkan bidang diagonal lainnya selain bidang ACHF pada prisma di atas? Coba kalian tunjukkan! Berapa banyak bidang diagonal lainnya yang dapat kamu temukan?

Perhatikan kembali bidang diagonal ACHF pada gambar (a). Bidang ini dibatasi oleh diagonal bidang AC dan FH yang saling sejajar dan sama panjang, serta dua rusuk tegak AF dan CH yang sejajar, sama panjang, dan tegak lurus dengan bidang alas dan tutup, maka bentuk dari bidang diagonal ACHF adalah persegi panjang. Selidikilah bentuk bidang diagonal yang lainnya!

2. Bidang Diagonal Limas

Perhatikan gambar di berikut!
Bidang Diagonal Limas
Gambar: Bidang Diagonal Limas

Gambar di atas merupakan gambar limas segilima beraturan T.ABCDE. Bidang TAC pada gambar (a) dan bidang TEC pada gambar (b) merupakan bidang diagonal limas T.ABCDE. Bidang diagonal limas dibatasi oleh satu buah diagonal bidang dan dua buah rusuk limas.

Dari gambar, terlihat bahwa bidang diagonal limas berbentuk segitiga dengan sisi alas merupakan diagonal bidang alas limas tersebut.

0 Response to "Unsur-unsur Prisma dan Limas serta Bidang Diagonal Prisma dan Limas"

Post a Comment