loading...

Pengertian dan Macam-macam Bentuk Ukuran Pemusatan Data Tunggal dan Data Berkelompok

Berikut adalah pembahasan tentang ukuran pemusatan data yang meliputi ukuran pemusatan data, pengertian ukuran pemusatan data, macam macam ukuran pemusatan data, contoh ukuran pemusatan data, ukuran pemusatan data statistik, ukuran pemusatan data berkelompok, ukuran pemusatan data tunggal.

Pengertian Ukuran Pemusatan Data

Apakah yang dimaksud dengan ukuran pemusatan data?
Ukuran Pemusatan Data merupakan salah satu pengukuran data dalam statistika. Ukuran Pemusatan data terdiri dari penghitungan rata-rata (Mean), nilai tengah (Median), dan nilai yang sering muncul (Modus).
Ukuran pemusatan Data adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil.

Salah satu kegunaan dari ukuran pemusatan data adalah untuk membandingkan dua ( populasi ) atau contoh, karena sangat sulit untuk membandingkan masing-masing anggota dari masing-masing anggota populasi atau masing-masing anggota data contoh.

Nilai ukuran pemusatan ini dibuat sedemikian sehingga cukup mewakili seluruh nilai pada data yang bersangkutan. Ukuran pemusatan yang paling banyak digunakan adalah median, mean, dan modus.

Masing-masing dari ukuran pemusatan data tersebut memiliki kekurangan. Nilai tengah akan sangat dipengaruh nilai pencilan. Median terlalu bervariasi untuk dijadikan parameter populasi. Sedangkan modus hanya dapat diterapkan dalam data dengan ukuran yang besar.

Macam-macam Bentuk Ukuran Pemusatan Data

Ukuran pemusatan data pada umumnya terdiri dari;

1. Mean (Nilai Rata-rata)

Salah satu ukuran pemusatan data adalah mean atau rata-rata. Mean suatu data adalah jumlah seluruh datum dibagi oleh banyaknya datum.

Baca selengkapnya: Rumus Mencari Nilai Rata-rata (Mean) Data Tunggal dan Data Berkelompok

2. Modus (Nilai yang Paling Sering Muncul)

Dalam 12 kali ulangan Bahasa Indonesia, Ucok memperoleh tujuh kali nilai 8. Artinya, nilai yang paling sering diperoleh Ucok adalah 8. Dalam statistika, nilai yang paling sering muncul di dalam suatu data disebut modus.

Baca selengkapnya: Rumus Mencari Modus Data Tunggal dan Data Berkelompok

3. Median (Nilai Tengah)

Median adalah nilai tengah suatu data yang telah diurutkan. Dengan demikian, median membagi data menjadi dua bagian sama banyak.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Bentuk Ukuran Pemusatan Data Tunggal dan Data Berkelompok"

Post a Comment