loading...

Pengertian Data dan Statistika serta Macam-macam Jenis Data

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian data, pengertian statistika, macam macam data, jenis jenis data, pengertian data menurut para ahli, definisi statistika, pengertian data kuantitatif, contoh data kuantitatif, pengertian data kualitatif, contoh data kualitatif.

Pengertian Data dan Statistika

Di Sekolah Dasar, kamu telah mempelajari Statistika, di antaranya cara menyajikan data dalam bentuk diagram dan menghitung rata-rata dari sekelompok data. Pada bagian ini, materi tersebut akan dikembangkan sampai dengan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran data.

Statistika sangat erat kaitannya dengan data. Oleh karena itu, sebelum membahas mengenai statistika, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai data.
Data merupakan kumpulan datum, di mana datum merupakan fakta tunggal. 
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. 
Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.

Ibu guru meminta Ratna untuk mengukur tinggi badan lima siswa Kelas XI A secara acak. Hasilnya adalah sebagai berikut.
Daftar tinggi badan lima siswa Kelas IX A
Tabel: Daftar tinggi badan lima siswa Kelas IX A

Perhatikan Tabel di atas! Bilangan 155 cm merupakan tinggi badan seorang siswa. Fakta tunggal ini dinamakan datum. Adapun hasil seluruh pengukuran terhadap lima orang siswa disebut data.

Berdasarkan data yang diperoleh pada Tabel di atas , Ratna menyimpulkan bahwa dari kelima siswa tersebut,
  1. siswa yang paling tinggi badannya adalah Dani,
  2. siswa yang paling pendek badannya adalah Dwi, dan
  3. tinggi badan Willi dan Wulan sama.

Ketika Ratna menarik kesimpulan di atas, sebenarnya ia telah menggunakan statistika.
Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan data, perhitungan atau pengolahan data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh.
Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari metode yang paling efisien tentang cara‑cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisa yang dilakukan.
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic).
Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Macam-macam Jenis Data

Berdasarkan jenisnya, data dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Data Kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan dan nilainya bisa berubah-ubah. Contoh: Jumlah siswa Kelas IX SMP Tunas Harapan sebanyak 650 siswa.
  2. Data Kualitatif, yaitu data yang menggambarkan keadaan objek yang dimaksud. Contoh : Selain ramah, Andri juga pintar.

0 Response to "Pengertian Data dan Statistika serta Macam-macam Jenis Data"

Post a Comment