loading...

Pengertian dan Contoh Soal Pangkat Tak Sebenarnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang pangkat tak sebenarnya yang meliputi pangkat tak sebenarnya, pengertian pangkat tak sebenarnya, contoh pangkat tak sebenarnya, contoh soal pangkat tak sebenarnya, soal pangkat tak sebenarnya.

Pada awal SMP, kamu telah mempelajari bilangan berpangkat positif. Pada pembahasan ini, materi tersebut akan dibahas lebih dalam dan dikembangkan sampai dengan bilangan berpangkat negatif, nol, dan pecahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, perhitungan bilangan berpangkat banyak digunakan. Contohnya sebagai berikut. Frekuensi gelombang televisi 1056 putaran per detik. Jika besar frekuensi sinar X 10.000 kali frekuensi gelombang televisi, berapa besar frekuensi sinar X?

Untuk menjawabnya, kamu dapat menggunakan alat pengukur besar frekuensi suatu gelombang, yaitu osiloskop. Secara matematis, besar frekuensi sinar X dapat ditentukan menggunakan sifat perkalian bilangan berpangkat yang akan dibahas pada pembahasan ini. Oleh karena itu, pelajarilah materi ini dengan baik.

Pengertian Pangkat Tak Sebenarnya

Istilah bilangan berpangkat mungkit kita sering mendengarnya, namun bagaimana dengan pangkat tak sebenarnya? Apakah yang dimaksud dengan pangkat tak sebenarnya?
Pangkat Tak Sebenarnya adalah bilangan berpangkat dengan pangkat yang berupa bilangan negatif, nol dan pecahan.

Macam-macam Contoh Pangkat Tak Sebenarnya

Sebagaimana definisi di atas tentang pangkat tak sebenarnya disebutkan bahwa yang termasuk pankat tak sebenarnya adalah pangkat negatif, pangkat nol dan pangkat pecahan.

1. Pangkat Negatif

Bilangan berpangkat negatif adalah bilangan yang mempunyai nilai pangkat negatif dan untuk mengubah pangkat negatif menjadi positif maka akan berubah menjadi satu per dari bilangan itu.
Contohnya;
  • 5-2 = 1/52 = 1/25
  • 7-2 = 1/72 = 1/25

2. Pangkat Nol

Bilangan berpangkat nol adalah bilangan yang mempunyai nilai pangkat nol, dan setiap bilangan yang dipangkatkan 0 (nol) hasilnya adalah 1 (satu).
Contohnya;
  • 50 = 1
  • 80 = 1

3. Pangakt Pecahan

Bilangan berpangkat pecahan adalah bilangan yang mempunyai nilai pangkat pecahan dan bentuk pangkat pecahan itu sama artinya dengan bentuk akar.
Contohnya;
Pengertian dan Contoh Soal Pangkat Tak Sebenarnya

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Pangkat Tak Sebenarnya"

Post a Comment