Manfaat Vitamin C bagi Manusia

Manfaat Vitamin C bagi Manusia - Vitamin C adalah salah satu vitamin yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Salah satu yang sangat atau sudah diketahui banyak orang adalah sebagai pembangkit daya kekebalan tubuh terhadap penyakit dan penangkal radikal bebas.vitamin c sangat identic sekali dengan namanya buah jeruk. Tetapi tahu kah kalian,ternyata pisang dan cabai lah yang memiliki kandungan vitamin c lebih besar dari pada jeruk.

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia anatara lain :

1.Mengatasi Flu

Bagi seseorang yang terkena peyakit flu vitamin c tidak secara langsung menyembuhkan akan tetapi perlahan-lahan memulihkan sehingga nantinya juga badan kita kebal terhadap penyakit flu tersebut.

2.Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C mampu menjaga kekebalan tubuh apabila dikonsumsi dengan cara yang benar dan sesuai dosis atau kemampuan daya terima tubuh.

3.Antioksidan

Vitamin C sebagai antioksidan dan  dapat memperbaiki sel tubuh serta  jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.

4.Mencegah Penyakit Mata

Jika rajin meng konsumsi Vitamin C dapat membantu tubuh kita untuk mencegah penyakit katarak.


5.Kesehatan Kulit

Vitamin C memiliki fungsi sebagai sarana melancarkan peredaran darah sehingga kulit dapat Nampak lebih segar. Vitamin c juga menstimulasi  pembentukan kolagen kulit .

6.Kanker

Melawan kanker adalah salah satu fungsi vitamin C. penyakit kanker yang dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi vitamin c adalah kanker payudara.


7. Meningkatkan Mood

Bagi anda yang sering letih, lesu, kurang bergairah,maka dengan mengkonsumsi vitamin c secara teratur maka bisa memperbaiki mood anda.

8. Menurunkan Resiko serangan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian penderita tertinggi didunia termasuk indonesia.dengan mengkonsumsi vitamin C dengan teratur akan sedikit mencegah terjadinya penyakit jantung.


9. Mengontrol Tekanan Darah

Selain mencegah penyakit jantung vitamin C juga dapat memperlancar peredaran darah didalam tubuh kita sehingga segala penyakit ringan tidak mampu menyerang kita. 

10. Mencegah Stroke

Vitamin C juga memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penyakit stroke pada tubuh kita.

11. Mencegah Diabetes

Kita tahu bahwa hampir seluruk penduduk indonesia mengkonsumsi nasi.nasi memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi.glukosa ini dapat memicu penyakit diabetes melitus atau penyakit kelebihan kadar gula pada tubuh maka yang terakhir fungsi  terakhir dari vitmin C adalah mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Dosis yang Diperlukan

Karena berbagai faktor yangberbeda pada setiap Negara maka berbeda pula jumlah konsumsi untuk setiap orang dala mengkonsumsi Vitamin C. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa sebaiknya mengkonsumsi Vitamin C  45 mg per hari. Di Inggris sebesar 40 mg per hari namun sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter berapa baiknya jumlah vitamin c yang bisa kita konsumsi perhari karena stiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Beberapa gejala yang diakibatkan kekurangan Vitamin C :
1. Kehilangan nafsu makan
2. Kram pada otot
3. Kulit yang menjadi kering
4. Rambut bercabang
5. Gusi berdarah
6. Kekurangan darah merah (anemia)
7. Infeksi
8. Sedangkan kelebihan vitamin C ditandai dengan :
9. Diare
10. Meningkatnya asam lambung
11. Bila kelebihan vitamin C terjadi dalam kurun waktu yang cukup panjang, bisa menimbulkan nyeri pada saat buang air kecil karena vitamin C keluar dalam bentuk kristal.

Demikian penjelasan kami tentang Manfaat Vitamin C bagi Manusia , Semoga kita bisa menjaga kesehatan kita.Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca Juga :



0 Response to "Manfaat Vitamin C bagi Manusia"

Post a Comment