Pengertian Iblis, Setan Dan Tugasnya

Pengertian  Iblis, Setan Dan Tugasnya - Jin adalah salah satu jenis makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala  yang diciptakan dari bahan dasar api dan jin yang memiliki sifat fisik tertentu, berbeda dengan jenis manusia atau malaikat. Sepertihalnya manusia jin juga memiliki kewajiban untuk tunduk dan patuh terhadap  perintah Allah Swt. Karena hamper memiliki tugas yang sama dengan manusia dari sebagian golongan jin yang bersifat baik ada pula yang tidak baik bahkan bisa jadi dia jahat.hal ini bergantung pada tingkatan amal perbuatan yang mereka lakukan selama hidup.


B.IBLIS 

Iblis adalah makhluk Allah SWT yang bersifat ghaib wujudnya. Iblis adalah golongan jin yang paling membangkang dan penuh kesombingan dan selalu berusaha mengajak golangannya sendiri yaitu jin dan golangan manusia untuk tidak tunduk dan patuh terhadap perintah Allah SWT.iblis terbuat dari bara api yang sangat panas.karena iblis tercipta dari bara api inilah yang bisa jadi menyebabkan iblis memiliki perangai buruk. Sejatinya jin adalah panglimanya para malaikat dan jin dan makhluk yang paling dekat dengan Allah SWT. Akan tetapi karena kecemburuan dan kesombongannya kepada manusia  sehingga Allah SWT murka terhadap iblis dan menghendaki iblis untuk hidup didalam neraka untuk selamanya.namun karena permintaan iblis untuk ditangguhkan siksanya kedalam neraka maka allah swt menangguhkan siksa iblis kedalam  neraka sampai hari kiamat tiba. Hal ini iblis minta kepada allah lantaran iblis ingin menggoda manusia dari manusia pertama sampai nanti manusia terakhir. Barang siapa mengikuti jalan iblis maka manusia ini akan ikut iblis ke dalam neraka namun apabila manusia ini kuat terhadap gpodaan iblis dan tetap taat kepada perintah allah, maka allah akan menyediakan syurga yang dibawahnya mengalir sungai- sungai yang jernih dan indah. Didalm surge nanti manisia akan hidup penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan.

C. SETAN 

syaithan, diambil  bahasa Arab berasal dari kata syathona yang berarti ba’uda (jauh, yakni  sifat yang ingin  selalu menjauhkan manusia dari kebenaran ) hal ini berarti Setan adalah sifat untuk menyebut setiap makhluk yang jahat, membangkang, tidak taat, suka membelot, suka maksiat, suka melawan aturan, atau semacamnya.
Sesuai dengan sifatnya setan dibagai menjadi 9 jenis yaitu :


1.Iblis Zailatun (زَيْلَة ٌ )

Adalah syetan yang bertugas untuk menghasut  para pedagang di pasar untuk berbuat tidak jujur  mau me­ngurangi timbangan, membuat keributan diantara para pedagang, dan melakukan bujuk rayu kepada para pedagang lain supaya mau  melakukan pe­nyimpangan dan kecurangan dalam aqad jual beli, dengan cara membisikkan hasutan agar cepat kaya kepada pedagang.


2. Wawatsin

Tugasnya adalah menggoda orang yang beriman agar selalu menggerutu, tidak sabar dan tidak ikhlas setiap kali  beribadah dan menerima musi­bah, atau cobaan dari Allah Ta'ala.

3. Akwan

Bertugas menyesatkan dan mem­pengaruhi para remaja untuk durhaka kepada orang tuanya  dan pimpinan umat supaya selalu berbuat semena- mena dan melakukan korupsi.

4. Hafaf

Iblis ini bertugas menyesatkan manusia dengan cara  minum khamer. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah bersabda:

"Jauhilah khamer, sesungguhnya khamer itu adalah sumber segala kejahatan (kemaksiatan).
Didalam hadits lain yang bersumber dari Anas ra, dikatakan sebagai berikut:
Rasulullah sShallallahu 'Alaihi wa Sallam melaknati sepuluh orang karena khamer, yaitu

  1. Pemeras bahandasar  khamer.
  2. Orang yang minta diperaskan bahan khamer untuk diminumkan kepada orang lain.
  3. Para  peminum khamer
  4. Para  membawa khamer
  5. Orang yang dituju untuk dibawakan khamer kepadanya.
  6. Orang yang menuangkan khamer ke gelas atau lainnya.
  7. para menjual khamer.
  8. Orang yang memakan harta hasil penjualan khamer.
  9. Orang yang membeli khamer.
  10. Orang yang dibelikan khamer. (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)


5.Wamurah 

Bertugas menjerumus­kan manusia dengan nyanyian dan tarian. Selain dengan lagu dia juga membujuk para penyanyi untuk berpakaian seronok dan menyanyikan lagu- lagu yang menyedihkan sehingga para pendengarnya hanyut dalam lantunan lagu tersebut. 


6. Laqwas

Bertugas mempengaruhi manusia agar tetap kafir, tetap musyrik dan tetap menyembah ber­hala atau sesembahan lainnya selain Allah. 

7. A'war

Bertugas menggoda laki-laki dan wanita untuk mau berpacaran kemudian  berzina, atau melakukan perbuatan maksiat yang menyenangkan keduanya.


8. Al-Wasnan

Bertugas  membuat manusia terjerumus menjadi ahli mak­siat, bahkan dirinya mau untuk menanggalkan aqidahnya  (Murtad )yang disebabkan oleh malas beribadah.

9. Dasim

bertugas untuk menggangu kehidupan rumah tangga , menggoda dan mendorong suami atau bahkan istri istri untuk melakukan perselingkuhan. Dengan perselingkuhan tersebut maka akan terjadi perceraian dan kehidupan mereka akan berantakan setelah itu setan dasim akan bekerjasama dengan setan lain untuk semakin menjeruskan mereka kelubang maksiat sehingga apabila mereka memiliki anak, anak- anak mereka akan terlantar. Dan jika kemudian nanti dewasa mereka akan menjadi anak yang brutal dan menjadi pembangkang terhadap orang tuanya.

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian  Iblis, Setan Dan Tugasnya , Apabila pembaca memiliki kritik atau saran kepada kami, Silahkan kirim ke alamat situs kami. Apabila masih terdapat kesalahan pada artikel ini kami mohon maaf. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Baca Juga :




0 Response to "Pengertian Iblis, Setan Dan Tugasnya"

Post a Comment