Pengertian, Bagian- Bagian dan Fungsi Otak

Pengertian, Bagian- Bagian dan Fungsi Otak - Otak adalah merupakan bagian dari organ didalam tubuh manusia dan merupakan organ terpentig karena segala system yang ada didalam manusia disusun, diatur dan digerakkan oleh sitem syaraf yang ada didalam otak. Oleh karena itu otak juga disebut sebagai pusatn system syaraf pada manusia. Karena begitu pentingnya peranan otak maka otak dibalut atau dibungkus oleh tulang yang sangat keras agar bentuk dan fungsi otak tetap pada kondisi yang baik. Tulang pembungkus otak disebut Tulang Tengkorak.

B. Bagian- bagian Otak 

Secara garis besar otak dapat menjadi 4 yaitu:


1. Otak besar ( Cerebrum )

Otak besar atau Cerebrum memiliki nama lain yaitu Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan.

Fungsinya:

  • Cerebrum dapat membedakan manusia dengan binatang. 
  • Cerebrum memiliki kemampuan untuk berpikir, menganalisa, logika, mempunyai kecakapan   bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual yang baik. 
  • Cerebrum  dapat menentukan Kecerdasan intelektual atau IQ 

Cerebrum sendiri di bagi lagi menjadi 4 bagian yang biasanya bagian ini disebut  Lobus.. Empat Lobus dari cerebrum  tersebut adalah: 

  • Lobus Frontal merupakan bagian lobus yang terletak pada bagian  terdepan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, mengkontrol tindakan seksual dan kecakapan dalam berbahasa.
  • Lobus Parietal posisinya berada di tengah, bagian ini berhubungan dengan proses sensor terhadap perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa senang, sedih dan lainnya.
  • Lobus Temporal posisinya berada di bagian bawah, bagian ini berhubungan langsung  dengan kemampuan pendengaran manusia, penerima dan pamahaman informasi  yang diterima oleh telinga
  • Lobus Occipital posisinya berada di bagian paling belakang, bagian ini berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek atau suatu benda yang ditangkap oleh retina mata.

Selain dibagi menjadi 4 lobus, Otak besar dibagi lagi menjadi dua system kerja syaraf, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri.Kedua belahan itu terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya.Secara garis besar, belahan otak kanan berfungsi untuk mengatur gerak sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengatur gerak sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistic atau seni. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berpikir rasional

2. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil atau Cerebellum posisinya berada pada bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mempunyai fungsi untuk mengontrol keseimbangan dan system gerak motorik pada manusia, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis  atau reflek seperti dengan sergap menangkap gelas yang akan jatuh kelantai secara tiba- tiba.

3. Batang Otak (Brainstem)

Batang otak (brainstem) posisinya berada di dalam tulang  tengkorak terus memanjang sampai sumsum tulang belakang manusia. Mempunyai fungsi dalam  mengatur fungsi- fungsi  dasar organ tubuh manusia yaitu mengatur system pernafasan serta pencernaan , mengatur ritme detak jantung, mengatur kestabilan suhu tubuh, dan merupakan sumber naluri  dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.

Secara garis besar batang otak dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Mesencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang berfungsi sebagai penghubung antara  Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi untuk  mengontrol penglihatan,mengatur gerakan dinamis organ tubuh dan optimalisasi informasi yang diterima oleh pendengaran.
  2. Medulla oblongata adalah titik awal saraf  yang menuju ke tulang belakang dari organ tubuh sebelah kiri menuju organ tubuh sebelah   kanan dan  sebaliknya. 
  3. Pons merupakan bagian batang otak yang terletak di bawah medulla oblongata dan merupakan pusat pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak dan mentranfernya keseluruh organ tubuh manusia.


4. Limbic System (Sistem Limbik)

System limbic terletak di tengah-tengah otak. Komponen- komponen penyusun system limbic yaitu hipotalamus, thalamus, amigdala, korteks limbic, dan hippocampus.
System limbic merupakan bagian otak yang berhubungan dengan alam sadar manusia. Menghasilkan perasaan emosi, haus, lapar, seksual , dan masih banyak lagi. Bahkan system limbic sebagai sumber dari segala hawa nafsu manusia, 

C. Fungsi Otak

Otak merupakan organ vital pada manusia. Semua system gerak tubuh pada organ manusia diatur sedemikian rupa sehingga mampu bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.apabila otak mengalami gangguan maka akan terganggu juga sitem kerja tubuh manusia.dan fungsi otk adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pusta koordinasi gerak tubuh untuk melakukan aktivitas.
  2. Sebagai alat sensor penerima terhadap informasi yang diterima oleh indera manusia baik indera pendengaran, indera perasa, indera penciuman,indera penglihatan dan indera pengecapan.
  3. Sebagai alat penterjemah tentang informasi yang diterima oleh indera manusia.

Demikian penjelasan tentang Pengertian, Bagian- Bagian dan Fungsi Otak. Kami menyadari artikel ini masih banyak terdapat kekurangan.kami mohon untuk dapat memberikan saran atau kritik yang bias membuat kami semakin dan lebih baik. Semoga bermanfaat. Terma kasih.

Baca juga :


0 Response to "Pengertian, Bagian- Bagian dan Fungsi Otak"

Post a Comment