Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia - Dibawah ini adalah pengertian bahasa menurut para ahli :
  • Menurut KKBI (kamus besar bahasa Indonesia ) bahasa adalah suatu sistem lambang  bunyi yang arbiter, yang dipakai oleh sekelompok masyarakat untuk bekerjasama,  berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
  • Menurut Wikipedia  Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa cara penggunaan simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia yang hasilnya tersebut dapat dipahami anatara satu dengan yang lainnya  sehingga interaksi soial  diantara mereka.
  • Menurut Wibowo (2001:3).Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna yang dihasilkan oleh organ oral manusia  yang sifatnya  arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk menyampaikan pesan perasaan dan pikiran dalam kehidupan sehari - hari.
  • Menurut William A. Haviland Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang apabila  digabungkan menurut aturan dan tata cara tertentu yang dipatenkan kemudian menimbulkan arti yang dapat diterima dan dipahami  oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
  • Carrol : Bahasa adalah sebuah system komunikasi  berstruktural yang menggunakan bunyi dan urutan bunyi a yang bersifat manasuka, yang dapat digunakan untuk berinteraksi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara bermakna  memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses atau tata cara  dalam lingkungan hidup manusia

Dari bebrapa  definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bahasa dalah suatu alat komunikasi yang berbentuk lisan  atau tertulis sehingga mampu menimbulkan interaksi antara satu individu dengan individu lain dalam suatu ruang lingkup kehidupan.

B. Fungsi Bahasa

  1. Bahasa sebagai sarana atau alat  berkomunikasiBahasa berfungsi sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat sebagai sarana berinteraksi antara satu individu dengan individu lain.
  2. Bahasa sebagai sarana integrasi dan adaptasi bahasa  dapat menyatukan manusia untuk hidup bersama dalam suatu ikatan.contoh hidup dalam ikatan rumah tangga, pekerjaan dan perdagangan.
  3. Bahasa sebagai sarana kontrol sosialBahasa sebagai kontrol sosial berfungsi untuk mengendalikan komunikasi agar orang yang terlibat dalam komunikasi dapat saling memahami sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.
  4. Bahasa sebagai sarana ekspresi diriBahasa sebagai ekspresi diri  dalam berinteraksi didalam lingkungan hidupnya.seperti ekspresi cinta, ekspresi marah,dan ekspresi senang.
  5. Bahasa sebagai sarana memahami orang lain.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia kami sangat senang bila pemirsa pembaca mau memberikan kritik atau saran agar kami lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga :

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia"

Post a Comment