Pengertian Dan Siklus Menstruasi

Pengertian Dan Siklus Menstruasi - Menstruasi atau haid adalah  proses pelepasan dinding Rahim yang tidak mengalami pembuahan atau di buahi yang terjadi secara periodik sehingga terjadi pendarahan yang keluar melalui alat kelamin perempuan. Proses terjadinya menstruasi pada wanita dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Secara umum Siklus menstruasi  atau haid pada wanita rata-rata terjadi selama ± 28 hari, akan tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang samaterkadang siklus menstruasi  terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Secara normal Durasi waktu untuk terjadi  menstruasi dalam satu siklus rata-rata terjadi 5 hari, namun terkadang juga dapat terjadi selama 2 hari sampai 7 hari dan paling lama 15 hari. Jika darah yang keluar dari kelamin perempuan lebih dari 15 hari maka bisa jadi darah  penyakit maka perlu berkonsultasi kepada dokter. Secara Umumdarah yang keluar pada saat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari.

Fungsi Menstruasi

Disadari atau tidak menstruasi yang terjadi pada kaum hawa memiliki banyak fungsi.adapun fungsi menstruasi bagi wanita adalah sebagai berikut :

  1. Tubuh melakukan sinkronasi organ sistem reproduksi. Dengan adanya pembuangan sel telur yang tidak dibuahi maka kebersihan Rahim dan vagina akan terjaga sehingga dapat bekerja  sesuai fungsinya.
  2. Tubuh mengalami penyeimbangan fungsi organ reproduksi sehingga tubuh wanita akan tampak stabil sehingga seorang wanita Nampak tidak terlalu gemuk maupun kurus.
  3. Wanita bisa Hidup lebih lama disbanding pria , penelitian menunjukkan bahwa wanita biasanya berumur lebih panjang daripada lelaki karena wanita mengalami menstruasi. Hal ini dikarenakan hilangnya zat besi saat menstruasi.
  4. Proses pembersihan tubuh khususnya organ reproduksi wanita, ketika terjadi  menstruasi organ reproduksi wanita mengeluarkan banyak  bakteri  dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan zat besi sehingga dapat mengurangi resiko Alzheimer atau pikun, penyakit jantung dan stroke berat.
  5. perubahan hormonal yang terjadi membuat tubuh merasa lebih baik dan nyaman pasca menstruasi sehingga tubuh akan lebih rileks dan segar.


Jenis- Jenis Menstruasi


  1. Menstruasi teratur adalah menstruasi yang berlangsung selama beberapa hari dengan perhitungan yang tetap, berhenti selama beberapa minggu, dan kembali lagi seterusnya tidak mengalami pergeseran baik waktu ataupun tanggal sampai wanita tersebut mengalami menopause.
  2. Menstruasi yang tidak teratur adalah menstruasi yang terjadi dengan kadar waktu yang tidak menentu baik kadar waktu tanggal atau ukuran jumlah darah kotor yang keluar. Hal ini disebabkan karena  Seorang wanita yang memiliki jumlah hormon estrogen dan progesterone yang lebih banyak sehingga dapat memungkinkan terjadinya menstruasi yang dikarenakan oleh faktor hormonal. Efek tidak teraturnya siklus menstruasi ini adalah wanita tersebut akan mengalami gannguan kesuburan Rahim.Hal ini dapat diatasi dengan suntikan untuk mempercepat pematangan sel telur.


Proses Terjadinya Menstruasi

a. Fase Proliferasi atau folikuler

Fase proliferasi atau folikuler adalah fase menstruasi  tahap awal dimana  pada fase ini terjadi pertumbuhan folikel yang sudah masak (folikel graaf) dan kemudian mengasilkan hormon estrogen. Pada fase ini adalah fase seseorang wanita mengalami kesuburan . Hal ini terjadi karena  terjadi lonjakan penghasilan hormon LH yang sangat meningkat yang menyebabkan terjadinya proses ovulasi.


b. Fase pramenstruasi

fase pramenstruasi  adalah fase uterus pada tahap siap menerima dan memberi makan sel telur yang telah dibuahi (zigot). Fase ini adalah fase ovarium membentuk  korpus luteum .fase ini ovarium membentuk  lapisan endrometrium untuk mempersiapkan dinding rahim dalam menerima hasil konsepsi jika terjadi kehamilan .

c. Fase Menstruasi

Pada fase mentruasi menunjukkan saat-saat masa terjadinya proses peluruhan dari lapisan endometrium uteri disertai pengeluaran darah dari dalamnya. 


d. Fase Regenerasi atau pascamenstruasi

fase ini adalah fase  pemulihan dan pembentukan kembali lapisan endometrium uteri.  Bila tidak dibuahi atau tidak terjadi hubungan seksual , maka proses ini akan terjadi kembali dan terus berulang- ulang dan terjadilah fase menstruasi kembali pada wanita.


Gangguan Menstruasi 

Gangguan pada proses mensruasi adalah sebagai berikut :

a. Dysminorhoea

adalah menstrual disorder atau irregular menstrual period artinya gannguan siklus haid atau menstruasi . hal ini terjadi karena kurang lancarnya  aliran darah menstruasi sehingga menyebabkan nyeri pada vagina pada saat menstruasi.

b. Hipermenorea atau menorhagia

Hipermenorea adalah perdarahan menstruasi yang banyak dan lebih lama dari normal hal ini terjadi karena  

  • adanya  mioma utreri (tumor jinak dari otot rahim, infeksi pada rahim atau hyperplasia endometrium). 
  • kelainan darah seperti anemia, gangguaan pembekuan darah dan lain- lain, 
  • kelainan hormon (gangguan endokrin). 

c. Amenorhoe

Amenore adalah keadaan dimana terjadi keterlambatan atau tidak adanya menstruasi untuk sedikitnya 3 bulan berturut- turut. Amenoreaini terjadi pada saat  sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui,dan  setelah menopause.

d. Polimenorea / Epimenoragia

Polimenorea adalah fase menstruasi yang lebih memendek dari siklus menstruasi biasanya yaitu berkurangnya jumlah hari atau bertambah, sedangkan pendarahan relative sama atau lebih banyak dari biasanya.

e. Mastodinia (mastalgia)

Mastodinia (mastalgia) yaitu terasa pembengkakan dan pembesaran payudara yang disebabkan oleh peningkatan hormone estrogen sehingga terjadi retensi air dan garam. Hal ini perlu diperhatikan menghindari kemungkinan adanya radang payudara atau tumoe payudara, diperlukan pemeriksaan rutin.

Demikian penjelasn tentang Pengertian Dan Siklus Menstruasi, apabila pembaca memiliki kritik dan saran kepada kami silahkan kiim ke alamat situs kami. Mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca juga :

0 Response to "Pengertian Dan Siklus Menstruasi"

Post a Comment