Pengertian Dan Tata Cara Haji Lengkap

Pengertian Dan Tata Cara Haji Lengkap - Haji adalah daatang untuk meengunjungi  Baitullah (Ka'bah) di Mekah untuk melakukan amal ibadah tertentu dengan Syarat dan Rukun tertentu.ibadah haji ini diwajibkan atas seluruh umat muslim baik laki – laki maupun perempuan yang mampu.pelaksanaan ibadah haji dilakukan satu tahun sekali.ibadah haji dilaksanakkan pada bulan Dzulhijah.
Perintah haji termaktub dalam QS:Ali Imron ayat 97 yang berbunyi:

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ ۖ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Artinya :"Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam".

B.Tata cara pelaksanaan Haji

1.Syarat Mampu Haji 


  1. Beribadah Sehat. Orang sakit atau lemah fisiknya boleh diwakilkan kepada  anak atau saudara atau bahkan orang lain jika mampu untuk  membiayainya. 
  2. Ada kendaraan yang dapat mengantar ulang dan pergi ke Mekah bagi orang yang di luar mekah. 
  3. Aman dalam perjalanan. Tidak ada yang membahayakan baik jiwa atau harta yang dimilikinya.
  4. Memiliki cukup bekal yang  dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup selama melaksanakkan ibadah haji selain itu ,cukup juga untuk menjamin kebutuhan keluarga yang ditinggalkan haji.
  5. Bagi perempuan harus bersama  suaminya atau diserta mahram selama melaksanakkan haji


2.Syarat Sah Haji

a) Beragama Islam 
b) Berakal sehat
c) Balig atau dewasa
d) Merdeka (bukan budak) dan 
e) Kuasa atau mampu untuk melakukannya
f) Rukun-Rukun Haji


3.Rukun Haji 

Rukun haji ada enam, yaitu sebagai berikut :

1. Ihram 
Ihram adalah niat untuk menunaikan  ibadah haji atau umrah dengan memakai pakaian ihram, pakaian ihram harus putih bersih dan tidak berjahit. 

2. Wukuf di Padang Arafah  
Wukuf adalah berada  di Padang Arafah di waktu zuhur, dimulai dari tergelincirnya matahari tanggal 9 Zulhijah sampai terbitnya fajar pada  tanggal 10 .


3. Tawaf
Tawaf adalah berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali, dari Hajar Aswad dengan posisi Ka'bah di sebelah kiri orang yang mealksanakkan tawaf dengan arah mengelilingi berlawanan dengan arah gerak jarum jam. Orang yang tawaf harus dalam keadaan suci dari hadas dan najis. 

Macam-Macam Tawaf
a) Tawaf qudum, dilaksanakkan  pada saat  baru sampai di Mekah
b) Tawaf ifadah, dilaksanakkan  pada saat  melaksanakan rukun haji
c) Tawaf nazar, dilaksanakkan  karena memiliki nazar
d) Tawaf sunah, 
e) Tawaf wadak, dilaksanakkan  pada saat  akan meninggalkan mekah

4. Sa’i

Sai adalah berlari-lari kecil dari  Bukit Safa dan Marwah. Sai dimulai dari Bukit Safa dan berakhir di Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Dan dikerjakan setelah tawaf  


5.Tahalul atau  Mencukur Rambut

Rukun tahalul atau mencukur rambut dilaksanakkan  setelah melempar Jamrah Aqabah pada hari Nahar. Apabila mempunyai kurban, mencukur dilakukan setelah penyembelihan hewan kurban. Mencukur rambut minimal  tiga helai rambut.

6. Tertip

Tertipartinya berurutan dari awal sampai akhir rukun haji .

Demikian penjelasan tentang Pengertian Dan Tata Cara Haji Lengkap yang bisa kami sajikan kepada anda. Bila terdapat kritik dan saran agar kami lebih baik lagi silahkan kirim kealamat situs kami. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca juga :


0 Response to "Pengertian Dan Tata Cara Haji Lengkap"

Post a Comment