Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung

Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung – Patung adalah suatu karya seni  hasil dari cipta karya manusia berbentuk tiga dimensi. Orang yang menbuat  patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang mempunyai nilai artistic dan daya jual yang tinggi dan dapat bertahan lama. Supaya patung ini dapat bertahan lama maka biasanya patung terbuat dari bahan dasar yang mahal dan keras seperti perak, perunggu, kayu, batu dan granit.
Pada awalnya patung merupakan alat sesembahan bagi agama dan kepercayaan tertentu atau yang biasa disebut berhala. Namun sekarang patung berekembang menjadi suatu karya seni  berdasarkan perkembangan akal manusia.

Jenis – Jenis Patung 

1. Jenis Patung Dilihat Dari Cara Pembuatannya

  • Arca adalah jenis patung yang bentuknya menyerupai bentuk makhluk hidup seperti manusia dan hewan.
  • Relief adalah patung terletak pada dinding sehingga hanya bisa dinikmati atau dinilai dari arah depan saja.

2. Jenis Patung Dilihat Dari Posisinya

  • Patung Free Standing, adalah  jenis patung yang cara pembuatan cara peletakkannya dengan cara berdiri tegak.
  • Patung Zonde adalah jenis patung yang cara pembuatannya dibentuk secara  utuh dan peletakkannya memiliki posisi yang beragam seperti duduk, jongkok, tidur, backflip dan lain- lain.
  • Patung Boss adalah jenis patung yang bentuknya hanya setengah badan.
  • Patung Tarso adalah jenis  patung yang cara pembuatannya hanya bagian-bagian tertentu atau sebagian tubuhnya saja dari objek pembuatan patung seperti tangan saja, kaki, atau kepala saja.

3. Jenis Patung Dilihat Dari Fungsinya

  • Patung Monumen adalah jenis  patung yang fungsinya sebagai alat untuk memperingati suatu  peristiwa sejarah atau tokoh tertentu yang berjasa besar.
  • Patung sebagai Lambang Pemujaan atau berhala  adalah jenis patung yang digunakan sebagai lambang pemujaan dan sesembahan  dalam acara keagamaan tertentu atau alat peribadatan.
  • Patung Miniatur adalah jenis patung yang merupakan tiruan suatu bangunan atau arca dalam bentuk yang lebih kecil.
  • Patung Dekorasi adalah jenis  patung yang berfungsi menjadi ornamen atau penghias baik di dalam maupun di luar ruangan.

C. Teknik Pembuatan Patung

  1. Teknik Modeling  adalah  teknik dalam membuat patung dengan cara membuat model terlebih dahulu sebelum patung sbenarnya dibentuk.
  2. Teknik Merakit adalah teknik membuat patung dengan cara merakit  bahan dasar patung kemudian merangkainnya  hamper mirip dengan permaianan puzzle.
  3. Teknik Cetak atau Cor teknik dalam membuat  patung dengan cara memenaskan bahan dasar patung yaitu logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.
  4. Teknik Membentuk adalah  teknik dalam membuat patung dengan cara membentuk patung secara  bertahap sehingga tercipta patung yang kita inginkan. Biasanya hasil dari teknik ini lebih maksimal karena menggunakan perasaan atau filling dalam membentuknya.
  5. Teknik Butsir adalah teknik dalam  membuat patung dari bahan dasar patung yang lunak seperti tanah liat dan gips yaitu dengan cara mengurangi dan menambah bagian-bagian bahan dasar patung sehingga tercipta karya patung yang cantik.
  6. Teknik Pahat teknik dalam membuat patung dari bahan dasar keras seperti kayu, tulang, batu,granit dengan mengurangi bagian yang tidak diperlukan sehingga tercipta bentuk patung yang diinginkan.

D. Alat dan Bahan Membuat Patung

  1. Butsir dan sudip berfungsi mengambil dan menambal atau menambahkan bahan serta menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau tangan alat ini digunakan dalam Pembuatan patung berbahan dasar tanah liat memerlukan.
  2. Pisau, kapak, martil, gergaji serta ampelas digunakan dalam pembuatan Patung berbahan kayu.
  3. Pahat baja, martil besi, gurinda. Alat ini digunakan dalam pembuatan Patung dari bahan batu, granit, dan marmer.
  4. Kompor pengecor, alat cetak dan gurinda. Alat ini digunakan dalam pembuatan Patung cetak dari bahan logam.
  5. Martil, tatah atau pahat dan grenda. Alat ini digunakan dalam pembuatan Patung dengan cara pahat dari bahan dasar  logam.
  6. Dan yang terakhir pisau, martil dan tang alat ini digunakan dalam pembuatan Patung berbahan dasar semen.

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung, Semoga artikel ini bisa  menambah wawasan dan pengetahuan anda semua,apabila terdapat kesalahan dan kekurangan pada artikel ini kami mohon maaf. Jika pembaca memiliki kritik dan saran silahkan kirim ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Baca juga :