Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt Dan Hikmahnya Bagi Manusia

A.Pengertian

1.Iman 

Iman adalah suatu keyakinan dari dalam hati kemudian  diucapkan melalui  melalui lisan kemudian dibuktikan  melalui perbuatan seluruh anggota badan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan ketakwaan kepada sang Maha Pencipta Allah SWT.

2.Kitab Allah

Kitab adalah kumpulan wahyu Allah Swt. yang diwahyukan kepada nabi dan rasul dengan perantara malikat jibril (ruhul kudus )untuk disampaikan kepada seluruh kaumnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup sehingga umat manusia memperoleh kebahagiaan baik kebahagiaan  di dunia maupun akhirat.

3.Iman kepada kitab Allah

Merasa yakin didalam hati bahwa allah menurunkan wahyu kepada para nabi dan rasul yang wahyu tersebut dihimpun menjadi kitab yang berisi perintah untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan segala keburukan dan berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia.


B.Kitab-kitab Allah 

Kitab- kitab allah yang diwahyukan kepada para nabi dan rasul beerjumlah 4 kitab yaitu :

1.Taurat 
Taurat adalah kitab Allah yang diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Musa a.s. yang ditujukan untuk umat nabi musa  yaitu bangsa Bani Israel. Hal ini termaktub dalam QS:Al Isra Ayat 2 yang berbunyi :
وَآتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَجَعَلْنَاهُ هُدًى لِبَنِي إِسْرَائِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا مِنْ دُونِي وَكِيلًا

Artinya : "Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku, "

Yang menjadi ajaran yang terkandung dalam kitab taurat yaitu :

1. Memerintahkan untuk Hormati dan cintailah Allah SWT.
2. Memerintahkan untuk Sebutlah nama Allah dengan hormat.
3. Memerintahkan untuk mensucikan hari Sabtu.
4. Memerintahkan untukmenghormati dan menyayangi  ibu-bapakmu.
5. Memerintahkan untuk Jangan membunuh.
6. Memerintahkan untuk Jangan melakukan  zina.
7. Memerintahkan untuk Jangan mendekati (ingin) berbuat zina.
8. Memerintahkan untuk Jangan melakukan pencurian.
9. Memerintahkan untuk Jangan berbohong dan dusta.
10. Memerintahkan untuk Jangan mengambil dan merampas hak milik orang lain.

2.Zabur 
Taurat adalah kitab Allah yang diturunkan oleh Allah Swt. Kepada nabi Daud A.S.hal ini termaktub dalam QS: Al-Isra ayat 55 yangb berbunyi :
وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَآتَيْنَا 
دَاوُودَ زَبُورًا
Artinya :"Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud."

3. Injil
Taurat adalah kitab Allah yang diturunkan oleh Allah Swt. Kepada nabi isa dalam ajaran Kristen disebut jesus.hl ini termaktub dalam QS : Al Maidah : 46 yang berbunyi :

وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ
Artinya :"Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa."

4. Al qur’an
Taurat adalah kitab Allah yang diturunkan oleh Allah Swt. Kepada nabi Muhammad SAW. Al qur’an diwahyukan kepada nabi Muhammad selama  kurang lebih 22 tahun 2 bulan 22 hari. Al-Qur’an terdiri dari 6236 ayat  114 surat, dengan surat terpanjang terdiri atas 286 ayat, yaitu surat Al Baqarah, dan terpendek terdiri dari 3 ayat, yaitu surat  Al-‘Ashr, Al-Kautsar, dan An-Nashr. Terdiri atas surat makiyah dan madaniyah.

Adapun yang menjadi inti dari isi ajaran al qur’an yaitu :
1. Ajaran tauhid (akidah)
2. Tata cara beribadah (fikih)
3. Budi pekerti kehidupan sehari-hari (akhlak)
4. Tuntunan kehidupan
5. Ilmu Pengetahuan sebagi pedoman hidup didunia
6. Kabar gembira bagi orang beriman, dan peringatan bagi orang kafir
7. Kewajiban berdakwah dan membela agama (jihad)

C.Manfaat Iman Kepada Kitab Allah 

Fungsi, manfaat, dan hikmah beriman kepada kita Allah sebagai berikut.
1. Memperkuat keimanandan ketaqwaan  kepada Allah SWT
2. Memiliki petunjuk dan pedoman hidup  sehingga kehidupan tidak akan tersesat
3. Menambah ilmu pengetahuan karena berisi seluruh ilmu pengetahuan.
4. Terjaga ketakwaan nya kepada Allah dan menjauhi larangan-Nya. Hidup jadi akan lebih tertata
5. Menumbuhkan sikap optimis untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dunia akhirat.
6. Akan mendapat syafa'at (pertolongan) di akhirat kelak.

Demikian artikel kami tentang Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT Dan Hikmahnya Bagi Manusia, Semoga bermanfaat dan kita semakin bertambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Apabila ada kesalahan kami mohon maaf dan kepada Allah kami mohon ampun. Terimaksih.

Baca juga :



0 Response to "Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt Dan Hikmahnya Bagi Manusia"

Post a Comment