Pengertian Neraka Dan Calon Penghuninya

Pengertian Neraka Dan Calon Penghuninya - Neraka adalah  tempat  di alam akhirat yang diciptakan oleh Allah SWT untuk manusia dan jin yang  tidak taat kepada-Allah Swt dan bagi mereka yang tidak percaya bahwa allah adalah tuhan semesta alam ketika manusia hidup dialam dunia. Didalam neraka penuh dengan balasan kesedihan dan penderitaan  bahkan lebih lagi penghuni menjadi makhluk hina sehina- hinanya. Allah berfirman dalam Q.S. Hud: 106-107 yang berbunyi:

106:فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ
107:خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ

Artinya: “Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) didalam neraka, disana mereka mengeluarkan dan menarik napas dengan merintih,:106*-Mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki “.:107

Nama- Nama Neraka dan Penghuninya

Adapun nama-nama neraka diantaranya:

1. Neraka Hawiyah 

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka yang ringan timbangan amalnya, yakni mereka yang selama hidupnya di dunia selalu mengerjakan kebaikan namun lebih banyak perbuatan burunya. Seperti permepuan muslim namun tidak memakai hijab, pemakan riba, dan tidak mempercayai poligami.

2.Neraka Jahim 

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka yang menyekutukan Allah SWT atau syirik, didalam neraka ini nanti sesembahan yang mereka sembah selama hidup didunia akan dating untuk menyiksanya. Hal ini terdapat dalam QS : As-Syu'araa ayat 91 yang berbunyi :

وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ

Artinya : "dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat",


3. Neraka Saqar

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka yang melakukan perbuatan munafik. Yaitu orang yang percaya kepada allah dan rasulnya namun mereka tidak menerima syariat dari allah yang telah disampaikan melalui rasulullah Muhammad saw. Bahkan mereka mencela  risalah yang dibawa oleh rasulullah Muhammad.

4. Neraka Huthamah

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka yang suka mengumpulkan dan menumpuk harta  harta, serakah, menghina orang-orang yang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau berbagi atau bersedekah dan tidak mau pula membayar zaka. Mereka adalah orang- orang yang bakhil, pelit, kikir. Mereka pula memasang wajah yang sinis dan tidak enak dipandang, kata-katanya kasar bahkan menyakitkan hati.. Maka Allah SWT akan membalasnya dengan didalam neraka huthamah ini dengan cara menguliti kepala serta mengelupaskan kulit muka mereka sehingga mereka merasakan kepedihan yang sangat sampai berulang- ulang. Setelah itu mereka dsiram dengan air garam yang rasanya berlipat- lipat dari pada garam yang ada dilautan dunia.

5. Neraka Sair 

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka orang-orang kafir yang pelit Dan orang  muslim yang memakan harta anak yatim. 


6. Neraka Wail

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka para pengusaha dan pedagang yang tidak jujur dan culas, suka mengurangi  ukuran timbangan barang dagangan. Maka dagangan mereka akan dibakar dengan apai yang panasnya seribu kali lipat dari panas matahari kemudian dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka.
Pada neraka ini bukan berupa api yang membara isinya namun berupa bongkahan es yang sangat dingin.nantinya bongkahan es ini akan menghimpit manusia dan jin yang menjadi penghuninya sehingga tulang mereka remuk dan hancur seperti terlilit ular anaconda.


7. Neraka Jahanam

adalah lapiasan neraka yang diciptakan oleh allah bagi  mereka yang menyekutukan allah dan memerang nabi dan rosul,penista agama islam, suka menyebarkan fitnah dan senang berjudi serta berzina. Maka tidak ada satu pun kebaikan sekecilpun pada dirinya Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. QS: 15. Al Hijr ayat 43-44 yang berbunyi :
43:وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ
44:لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ
Artinya :Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya:43-Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka :44


Demikian penjelasan kami tentang Pengertian Neraka Dan Calon Penghuninya, Semoga kita dan keluarga kita dijauhkan dan diselamatkan oleh AllahSWTdari siksa api neraka. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga :








0 Response to "Pengertian Neraka Dan Calon Penghuninya"

Post a Comment