Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Simple Past Tense - Simple past Tense adalah salah satu bentuk tenses dalam tata bahasa inggris. Simple Past Tense berfungsi untuk mengunkapakan pernyataan suatu peristiwa atau kejadian diwaktu lampau atau sudah terjadi. Dalam kalimat simple past tense selalu ditandai dengan kata kerja bentuk kedua atau verb 2 baik itu yang regular verb atau irregular verb. Regular verb adalah bentuk kata kerja yang dalam pembentukan kata kerja 1 menjadi kata kerja 2 (verb 2) dan kata kerja 3 (verb 3)  bentuknya  berurutan yaitu dengan ditandai akhiran – ed  pada  kata kerja 2 (verb 2) dan kata kerja 3 (verb 3) –nya. Sedangkan kata kerja irregular verb atau tidak beraturan dalam pembentukan kata kerka 1 menjadi kata kerja 2 dan kata kerja 3 tidak diakhiri dengan akhiran –ed dan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Biasanya para guru di sekolah ketika belajar tentang past tense. Para guru menyuruh muridnya untuk menghafal kata kerja irregular saja agar untuk memudahkan mereka memahami penggunaannya.


Rumus Simple Past Tense

Rumus dalam kalimat simple past tense dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Nominal :

a. (+) S + (WAS/WERE) + Adjective/ Noun 

b. (-) S+ NOT+ (WAS/WERE) + Adjective/ Noun

c. (?) (WAS/WERE) + S + Adjective/ Noun 

2. Verbal  :

a. (+) S+Verb 2 + object

b. (-) S+DID NOT+Verb 1 + object 

c. (?) DID+S+Verb1 + object

Catatan :
  • Pada kalimat nominal subject I, she, he dan It menggunakan” was”. Sementara subject you, we, they menggunakan” were
  • Pada kalimat verbal negative (-) kata kerjanya berubah menjadi kata kerja bentuk pertama karena sebelum kata kerja terdapat did yang merupakan bentuk kedua dari  do/ does.
  • Pada kalimat verbal  interrogative  (?) kata kerjanya juga  berubah menjadi kata kerja bentuk pertama karena sebelum kata kerja terdapat did yang merupakan bentuk kedua dari  do/ does.


C. Contoh Kalimat

Karena terdapat 2 bentuk kalimat dalam simple past tense, maka pada contoh kalimatnya kami sajikan dal 2 bentuk juga.

Contoh Kalimat Nominal

1. She was a good student in senior high school
2. They were angry to me.
3. Santi was naughty girl before.
4. He was not a teacher last year
5. They were not a good player
6. Sony had not many cars last 7 year?
7. You were a fisherman before
8. Were you a pilot 2 year ago?
9. Was she beautiful girls in junior high school?
10. Had she many cars last year?

Contoh Kalimat Nominal

1. She worked yesterday
2. They played football in the yard
3. Mr. gunarso cut the trees last year
4. Bambang could not play guitar
5. I did not play marble in the class yesterday
6. Did he do the homework?
7. You took me in the big trouble a few days ago 
8. Nasha sang a beautiful song at the contest last week
9. 2 days ago my father arrived home
10. Did you buy a new car?

D. Fungsi Simple Past Tense 

Ada beberapa fungsi dari Simple Past Tense yaitu :

  1. untuk mengungkapakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terjadi di waktu lampau namun tidak secara rinci kapan perbuatan itu telah selesai. 
  2. untuk mengungkapakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terjadi di waktu lampau yang jumlah kegiatannya lebih dari satu. 
  3. untuk mengungkapakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terjadi di waktu lampau yang waktu perbuatan itu terjadi memiliki Durasi waktu yang dijelaskan biasanya lama misalnya 2 tahun lalu, 2 bulan lalu, saat masih SD, atau SMP dan lain- lain. 
  4. untuk mengungkapakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terbiasa dilakukan atau kebiasaan yang terjadi di waktu lampau.Biasanya ditambahkan kata  keterangan waktu seperti always, often, usually. 
  5. untuk mengungkapakan peristiwa atau perbuatanyang menjadi kebenaran umum dan  sudah terjadi di waktu lampau yang sudah tidak terjadi lagi pada waktu sekarang.


Demikian penjelasan tentang Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Simple Past Tense, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang tata bahasa inggris khususnya masalah tenses. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel ini kami mohon maaf. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga :

0 Response to "Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Simple Past Tense"

Post a Comment