Pengertian, Sejarah Dan Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Pengertian, Sejarah Dan Teknik Dasar Permainan Bola Basket - Bola basket adalah olahraga permaianan yang terdiri atas dua kelompok pemain yang setiap kelompok terdiri atas 5 pemain sehingga apabila dijumlah pemain secara keseluruhan yaitu 10 orang. Dari masing- masing tim bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam jaring lawan sehingga mendapatkan nilai atau poin sebanyak – banyaknya. Didalam permainan bola basket terdapat tiga fungsi pemaian yaitu sebagia pemain depan atau forward, pemain bertahan defense, dan pemain yang mengatur permainan bola atau strategi disebut playmaker.


B. Sejarah

Olahraga permainan ini ditemukan oleh james naissmith pada tahun 1891. James merupakan guru olah raga di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, USA. dia secara tidak sengaja menemukan olah raga permainan ini. Dia menciptakan olahraga ini terinspirasi dari permaianan masa kecilnya dulu, dari sinilah dia mulai menciptakan permainan ini dean menyusun peraturan- peraturan yang digunakan dalam olahraga permainan ini.
Olahraga permainan bola basket diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 1894 dibawa oleh para pedagang dari cina yang masuk ke Indonesia. Pada tahun 1948 olah raga bola basket mulai dipertandingkan dikejuaraan resmi. Salah satunya yaitu pada pon 1 yang digelar di kota solo, jawa tengah.kemudian pada tahun 1955 dibentuklah persatuan basket seluruh Indonesia (PERBASI).


C. Saran dan Prasaran Bola Basket

1. Lapangan 

Ukuran lapangan untuk olahraga adalah sebagai berikut :


2. Ring

Ukuran ring olahraga bola basket adalah sebagai berikut :


3. Bola

Ukuran bola untuk olahraga permainan bola basket adalah sebagai berikut :


4. Waktu permainan 

Durasi untuk permaianan bola basket adalah sebagai berikut :

  • Waktu permainan 4 x 10 menit jika berpedoman dengan aturan Federasi Bola Basket Internasional.  
  • Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. 
  • Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. 
  • Waktu untuk lemparan bola ke dalam yaitu 5 detik.


D. Teknik Dasar Bola Basket

1. Teknik Menggiring (Dribble)

Adalah  teknik menggiring bola dalam permainan bola basket tujuannya untuk mempertahankan posisi bola dalam tindakan penyerangan kea rah jantung pertahanan lawan.

Cara melakukan  teknik ini adalah dengan memantulkan bola pada permukaan lapangan permainan dengan menggunakan tangan agar posisi bola tetap pada posisi tangan pemain.

Ada dua jenis dribble pada permainan bola basket:

  • Dribble Tinggi: Dribble tinggi dilakukan dengan berlari atau berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain lawan.hal ini dilakukan untuk menyerang daerah lawan dengan cepat.
  • Dribble Rendah: Teknik ini digunakan ketika pemain berhadapan langsung dengan lawan dan ingin mencari celah ketika lawan dalam keadaan  lengah atau tidak fokus.


2. Teknik Mengumpan (Passing)

Dalam permainan bola basket ada enam jenis passing yaitu :


  1. Overhead Passing: Teknik ini dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala. 
  2. Chest Pass: Teknik mengumpan bola dengan cara melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan. Chess past biasa diterapkan ketika mengumpan bola pada rekan yang berada dekat dari kita. 
  3. Baseball Pass: Teknik melempar  bola yang secara cepat atau direct diarahkan kepada kawan. Teknik ini sering digunakan untuk mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.
  4. Bounce Pass: Teknik memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk menghindari hadangan lawan.
  5. Hook Pass: Teknik mengumpan bola kepada kawan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan lawan.
  6. Under Pass: Teknik mengumpan bola kepada kawan dengan cara melempar bola  dari arah pinggang pemain kepada kawan.

3. Teknik Pivot


Teknik pivot adalah teknik yang digunakan untuk menipu lawan sehingga gerakan kita tidak diduga oleh lawan. Tekniknya yaitu  pemain menggerakkan badan dengan bertumpu pada salah satu kaki sambil kedua tangan menjaga bola dari curian lawan.


4. Teknik Menembak (Shooting)

Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan. Tekniknya yaitu diam di tempat kemudian melempar bola  kedalam ring lawan  dengan satu atau dua tangan.  Teknik ini ada dua macam yaitu  jump shoot (memasukkan bola dengan melompat), dan lay up (memasukkan bola dengan berlari lalu melompat).

5. Teknik Rebound

Teknik ini dibagi menjadi 2 yaitu :


  • Rebound ofensif merupakan lemparan yang gagal masuk kemudian dimasukkan lagi ke dalam ring oleh rekan tim dan jika berhasil masuk, tim mendapatkan dua poin. 
  • Rebound defensif adalah teknik merebut bola yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada lagi usaha untuk memasukkan bola ke ring.


6. Slam Dunk

Teknik ini adalah teknik yang paling simple dan mudah yaitu lari dengan jarak satu atau dua meter menuju ring lawan kemudian melompat sambil memasukkan bola kedalam ring lawan.

E. Peraturan permainan bola basket


  1. Bola boleh  dilemparkan ke segala arah mana saja dengan menggunakan tangan.
  2. Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola secara terus menerus. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat dimana pemain tersebut  menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
  3. Bola harus dipegang dengan menggunakan  tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.
  4. emain tidak diperbolehkan menanduk, menahan bola terlalu lama, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua pemain akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.
  5. Apabila salah satu kelompok pemain melakukan tiga kesalahan secara berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya dan pemain lawan akan mendapatkan poin dua.
  6. Gol dianggap sah apabila bola yang dilemparkan ke dalam ring lawan dari lapangan masuk ke dalam ring lawan.
  7. Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Pemain yang akan melempar bola bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam penguasaannya . Apabila pemain memegang bola tersebut lebih lama dari waktu tersebut, maka hak kepemilikan bola akan berpindah kepada lawan. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.
  8. Wasit mempunyai hak untuk mengatur jalannya  pertandingan  dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu jika terjadi pelanggaran yang terjadi berturut-turut. Wasit berhak  mendiskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran .
  9. Wasit pembantu memiliki tugas untuk memperhatikan petandingan  dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu juga bertugas untuk menentukan sah  atau tidakn suatu gol dan menghitung jumlah gol yang tecipta pada pertandingan.
  10. Waktu pertandingan adalah 4 bagian dan masing-masing bagian berdurasi  10 menit
  11. Kelompok bermain yang berhasil memasukkan bola ke ring paling banyak  maka menjadi pemenang.
Demikianlah artikel kami tentang Pengertian, Sejarah Dan Teknik Dasar Permainan Bola Basket, Semoga kita tetap bisa menjaga kesehatan kita karena kesehatan itu mahal harganya. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca juga :



0 Response to "Pengertian, Sejarah Dan Teknik Dasar Permainan Bola Basket"

Post a Comment