Pengertian, Sejarah dan Teknik Permainan Bola Voli

Pengertian , Sejarah  dan Teknik Permainan Bola Voli - Permaianan bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim.setiap tim terdiri atas 6 pemaian bola voli sehingga apabila dijumlah maka seluruh pemain bola voli adalah 12 orang.
Permainan bola voli merupakan  salah satu olahraga dunia yang diminati banyak orang. Sementara Di Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.Hal ini ditandai dari banyaknya pertandingan resmi bola voli yang di adakan, dan munculnya komunitas-komunitas penggemar bola voli di tanah air. Salah satu pertandingan resmi yang ada di Indonesia adalah proliga.

B. Sejarah

William B Morgan adalah seorang  guru olahraga  pada Young Men Christain Association (YMCA) dia menciptakan bola voli pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). Pada awal penciptaannya nama permainan ini adalah mintonette. Namun pada tahun 1896 nama itu berubah menjadi volley ball tau bola voli. Perubahan ini dilakukan karena memang bentuk permainan ini adalah dengan cara memvoli bola atau memukul bola kearah lawan dan mempertahankannya agar tidak jatuh diarea permainan sendiri dan berusaha dengan sengaja untuk menjatuhkan bola kedalam kotak permainan lawan untuk mendapatkan poin atau nilai.
Pada tahun 1984 didirikan induk organisasi olahraga permainan bola voli dunia tepatnya di polandia.
Permainan bola voli  masuk ke Indonesia pada tahun 1928. Perkembangan permainan bola voli  ini di Indodesia sungguh begitu  cepat.hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang senang hidup bersosial sehingga permainan yang membutuhkan banyak pemain ini mudah diterima oleh masyarakat . Hal ini dibuktikan dengan adanya pertandingan bola voli pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 tahun 1952 di jakarta. Induk organisasi permainan bola voli di Indonesia adalah PBVSI.


C. Teknik permainan bola voli


1. Passing Bawah


Passing bawah biasanya dilakukan pemain jika bola yang dating padanya rendah, baik untuk diumpan kepada teman dalam tim maupun untuk dimasukkan  ke daerah pertahanan  lawan .

2. Passing Atas


Passing atas adalah cara mengumpan bola yang berada di  atas kepala dengan jari-jari tangan. 


3. Service Bawah


Service bawah merupakan service yang dilakukan dengan tangan bawah.servis dilakukan untuk menghidupkan permainan. Caranya adalah Siku diluruskan dan ayunan tangan dari belakang ke depan melalui samping badan, salah satunya tangan memegang bola dan bola tersebut dilambungkan ke atas kemudian bola  dipukul.


4. Service Atas


Service atas adalah cara melakukan pukulan permulaan dari bawah service dengan memukul bola dari atas kepala sebagai usaha menghidupkan bola ke dalam permainan.


5. Service Samping


Service samping adalah melakukan pukulan permulaan untuk menghidupkan permainan dari daerah service kea rah daerah pertahanan lawan dengan sikap berdiri menyamping dan berat badan berada di kaki kanan .

6. Service Lompat


Service lompat adalah cara melakukan pukulan permulaan untuk menghidupkan permainan di daerah service dengan melompat setelah bola dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan kea rah daerah pertahanan lawan.


7. Smash (Spike)


Smesh atau spike adalah pola pemukulan  bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat, tajam dan menukik kea rah daerah pertahanan lawan sehingga lawan kesulitan dalam menerima atau menegembalikan bola. 


8. Membendung


Membendung (Bloking) adalah bentuk gerakan seseorang atau beberapa orang pemain yang berada didekat net/pemain depan.


9. Passing Atas


Passing atas adalah menyajikan bola atau memberikan  bola dengan menggunakan jari tangan untuk kawan atau langsung ke daerah perlawanan  lawan.


D. Sarana dan prasarana


1. Lapangan permainan

Ukuran lapangan bola voli adalah sebagai berikut :


2. Bola

Ukuran bola voli yaitu keliling lingkaran ± 65 cm, dan berat ± 260 gram. 

3. Net

Ukuran tinggi net untuk  putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter


Demikian penjelasan kami tentang Pengertian, Sejarah  dan Teknik Permainan Bola Voli, Semoga kita bisa selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita karena kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal apabila kita sudah sakit. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca Juga :

0 Response to "Pengertian, Sejarah dan Teknik Permainan Bola Voli"

Post a Comment