Pengertian, Struktur Dan Fungsi Gigi Manusia

Pengertian, Struktur Dan Fungsi Gigi Manusia - Gigi merupakan  alat pencernaan mekanik yang terletak di dalam mulut. Gigi berfungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah makanan yang akan masuk kedalam perut. Selain untuk mengunyah makanan gigi juga berfungsi sebagai pemercantik wajah. Karena jika seseorang tidak memiliki gigi maka bisa dipastikan orang tersebut terlihat kurang menarik dan cantik / tampan.


B. Struktur Gigi Manusia

1. Bagian Gigi

Setiap gigi manusia memiliki 3 bagian utama :

  • Korona atau Mahkota Gigi yaitu  bagian gigi yang terlihat dari luar yang berwarna putih seperti tulang.
  • Leher Gigi yaitu  bagian gigi yang berada di gusi. Gigi ini  dibawah mahkota gigi dan diatas akar gigi.
  • Akar Gigi, yaitu bagian gigi yang tidak tampak dari luar. Gigi ini tertanam didalam rahang manusia.


2. Lapisan Gigi

Gigi manusia yang sempurna dan terstruktur memiliki 4 lapisan, yaitu :

  • Email Gigi, adalah lapisan yang melapisi bagian korona  gigi. Email gigi paling keras terletak pada bagian mahkota yang fungsinya sebagai pelindung gigi, kemudian semakin ke bawah maka email gigi semakin tipis hingga akhirnya hilang ketika memasuki akar gigi.
  • Sementum Gigi adalah  bagian gigi yang melapisi akar gigi. Sementum berfungsi untuk menghubungkan gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. 
  • Dentin adalah lapisan gigi yang terdapat setelah lapisan email gigi pada mahkota dan terdapat setelah lapisan sementum pada akar gigi. Dentin melapisi seluruh tubuh gigi, dari mahkota sampai akar.
  • Pulpa atau rogga gigi  adalah jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf.

Fungsi Pulpa adalah 
1. untuk memberikan nutrisi pada gigi karena memiliki pembuluh darah. 
2. untuk mengidentifikasi ketika  terdapat zat asing dalam gigi karena memiliki pembuluh saraf. 
3. untuk membentuk lapisan dentin.

C. Jenis Gigi Pada Manusia

Jenis gigi pada manusia dibagi menjadi 4 yaitu  :


  1. Gigi Seri, pada Manusia dewasa memiliki 4 gigi seri, letaknya berada di rahang bawah dua  dan di rahang atas dua. Gigi seri ini memiliki satu akar gigi dan berfungsi untuk memotong makanan.
  2. Gigi Taring bentuknya tegak dan agak runcing. Seperti gigi seri , pada  Manusia dewasa juga memiliki 4 gigi taring dan letaknya pun sama yaitu diatas dan dibawah. Gigi seri mempunyai satu akar dan berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan.
  3. Gigi Geraham Depan (Premolar) Ciri dari  Gigi Premolar yaitu berbentuk rendah, memiliki  beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya.Pada  Manusia Dewasa memiliki 8 Gigi Premolar, yaitu 4 di rahang bawah, dan 4 di rahang atas. Gigi ini  mempunyai 2 akar dan berfungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan
  4. Gigi Geraham Belakang  atau Gigi Molar. Gigi Molar bentuknya sama dengan Graham polar. Manusia dewasa memiliki 12 gigi Molar permanen. Masing – masing 6 di rahang atas dan bawah. Gigi molar ini mempunyai 2 atau 3 akar dan berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan


D. Pembagian Gigi Berdasarkan Usia

Berdasarkan usia manusia gigi dapat dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Gigi Susu, merupakan gigi yang tumbuh pertama kali pada manusia. Gigi susu pada manusia  mulai tumbuh ketika manusia berusia ± 8 bulan, dan gigi yang pertama kali  tumbuh adalah gigi seri yang terletak di  rahang bawah. Gigi ini akan tumbuh lengkap pada saat manusia berusia ± 3 tahun. Kemudian akan tanggal satu per satu sejak usia 6 tahun dan mulai digantikan oleh gigi permanen. Gigi susu berjumlah 20 buah seluruhnya yaitu 8 Gigi seri, 4 Gigi taring, dan 8 gigi graham lunak.
  2. Gigi PermanenGigi permanen seluruhnya berjumlah 32 buah, yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 Gigi Premolar, dan 12 Gigi Molar dan gigi ini adalah gigi pengganti dari gigi susu yang tanggal seiring pertambahan  umur manusia.


Demikian penjelasan kami tentang Pengertian, Struktur Dan Fungsi Gigi Manusia, semoga kita bisa merawat gigi kita sehingga kesehatan gigi kita tetap terjaga. Apabila pembaca memiliki kritik dan saran kepada kami, silahkan kirim ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga :


0 Response to "Pengertian, Struktur Dan Fungsi Gigi Manusia"

Post a Comment