Pengertian, Struktur Dan Fungsi Rambut Manusia

Pengertian, Struktur Dan Fungus Rambut Manusia  - Rambut adalah organ tubuh manusia yang berbentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dan mengandung banyak keratin. Rambut muncul dari lapisan epidermis atau lapisan kulit terluar. Meskipun bentuknya sangat tipis namun rambut memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh manusia atau hewan.


B. Struktur Rambut

1. Akar Rambut atau folikel 

Akar rambut atau folikel adalah bagian rambut yang tertanam di dalam kulit manusia atau hewan. Folikel atau akar rambut dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
  • Bulp yaitu bagian pangkal rambut yang membesar, seperti bentuk bola, gunanya untuk melindungi papil rambut. 
  • Papil rambut adalah bagian yang terlindungi di dalam bulp atau terletak dibagian terbawah dari folicle rambut. Papil rambut berasal dari sel-sel kulit jangat (corium) serta kulit ari (epidermis).
  • Melanosit adalah sel penghasil pigmen atau zat pewarna rambut  yang akan disebarkan terutama ke dalam contek, kemudian ke dalam medulla rambut. Melanosit ini terletak diantara sel- sel papil. 
  • Folicle rambut adalah  kandungan atau kantong rambut . folikel merupakan tempat tumbuhnya rambut. Kantong rambut terdiri dari 2 lapis yaitu lapis luar dan lapis dalam. Lapisan dalamnya berasal dari sel-sel epidermis, sedangkan lapisan luarnya berasal dari sel-sel dermis. 
  • Otot penegak rambut ialah otot yang membuat  rambut halus bulu roma berdiri bila menerima rangsangan dari luar dan dari dalam tubuh seperti rasa dingin, panas, hangat. 
  • Matrix, disebut juga dengan umbi  rambut adalah bagian paling subur untuk pertumbuhan rambut.


2. Lapisan Batang Rambut

Batang rambut  dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  • Cuticula  atau selaput  ari adalah lapisan batang rambut  yang bentuknya seperti sisik-sisik ikan dan  berfungsi untuk melindungi lapisan rambut. lapisan ini berada paling luar yang merupakan pelindung rambut dan kepala. 
  • Cortex atau kulit ari rambut, ialah bagian rambut yang terbesar dan merupakan lapisan di bawah cuticula berfungsi sebagai lapisan yang menentukan warna karena lapisan ini banyak mengandung pigmen atau zat warna rambut .
  • Medulla atau sum-sum rambut. Medulla ini terdapat dibagian paling tengah dari batang rambut.

3. Bentuk  Rambut

Berkaitan dengan struktur maka bentuk-bentuk rambut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. Lurus, tidak bergelombang dan tidak keriting. Biasanya rambut yang lurus dapat memberikan beberapa kemudahan kepada si pemakai misalnya dalam hal tatanan rambut, baik yang dipotong maupun yang disanggul. 
b. Berombak yaitu memperlihatkan gelembung yang besar pada rambut. Hal ini disebabkan karena folicle nya melengkung dan penampangnya lonjong/oval. Rambut ini juga termasuk mudah dalam hal penataan, baik yang disanggul atau disasak maupun yang dipotong pendek.
c. Bentuk rambut Keriting, biasanya rambut yang keriting berbentuk gelombang kecil atau sedang. Ini adalah karena follicle-nya sangat  melengkung sedangkan penampangnya gepeng.mungkin dalam penataan rambut, rambut jenis ini agak sedikit rumit dan memiliki style rambut yang sedikit juga.

C. Fungsi Rambut 


1. Rambut Pada Kepala


Fungsi rambut adalah untuk melindungi kulit kepala dari rasa panas . Sedangkan rambut yang ada di kepala anda berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, 50 hingga 100 helai, namun rambut baru akan tumbuh.


2. Rambut Pada Mata


Fungsi alis dan bulu mata adalah untuk menahan keringat dan hujan yang mengalir dari dahi menuju  ke mata. Alis dan bulu mata juga berfungsi untuk menambah keindahan dan kecantikan. Selain itu Alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah Anda sesungguhnya.


3. Pada Hidung

Rambut pada hidung berfungsi  untuk menyaring dan menghambat  bakteri, jamur, debu .spora yang masuk kedalam hidung. Selain itu, rambut yang terdapat didalam hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang dihirup oleh hidung. Hal ini sangat penting untuk proses pernapasan.

4. Kumis, Janggut, bulu dada dan perut


Fungsi kumis,jenggot , rambut dada dan perut adalah sebagai tanda kelamin untuk  lelaki yang sudah dewasa.artinya untuk membedakan jenis kelamin laki – laki dan perempuan. Tetapi, dalam beberapa kasus terdapat juga kaum wanita yang memiliki rambut kumis  dan rambut dada namun bentuknya tidak setebal kaum pria sebagai contoh adalah artis Indonesia Iis dahlia yang memiliki sedikit kumis sedangkan bagi perempuan yang memiliki rambut dada biasanya tumbuh di area sekitar puting namun jumlahnya juga tidak sebanyak kaum pria.


5. Pada ketiak


 rambut ketiak berfungsi untuk mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering sehingga bisa  mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau busuk yang disebabkan kereingat berlebih.


6. Pada Tangan dan Kaki


Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai alat sensor penerima rangsangan dari lingkungan sekitar terhadap tubuh kita. Sebagai contoh apabila terkena hawa dingin maka secara reflek bulu halus yang ada ditangan dan kaki akan berdiri.

7. Pada Kemaluan

Rambut pada kemaluan memiliki fungsi memberikan kehangatan pada area kemaluan terutama bagi kaum hawa, indikasi visual dari kematangan seksual,  tempat pengumpulan dari pengeluaran hormon, mengurangi gesekan luar saat berhubungan kelamin, dan juga berfungsi sebagai pelindung kulit yang ditumbuhi rambut kemaluan.


D. Kelaianan atau penyakit pada rambut


Kelainan-kelainan Kulit Kepala 
Kelainan kulit kepala dapat ditinjau dari penyebabnya yaitu:

a. Bakteri atau Mikroba

Bakteri atau mikroba dapat menimbulkan peradangan kulit kepala. Kelainan-kelainan yang ditimbulkannya adalah berupa;
  • Bisul (furunkulosis) Kelainan ini adalah merupakan peradangan terbanyak yang disebabkan oleh kuman stafilokokus
  • Bisul batu (karbunkulosis) Sementara diawali dengan timbulnya peradangan, terutama pada folicle rambut yang berdekatan, sehingga tumbuhlah bisul yang besar dengan mata lebih dari satu. Kelainan ini sering ditemukan pada penderita diabetes mellitus/kencing manis. 

b. Dermatitis papilaris capillitii

Kelainan ini merupakan peradangan folicle rambut, disertai dengan pennanahan (supurasi) kulit dibagian belakang kepala. 

c. Kelainan rambut yang disebabkan  infeksi jamur

Infeksi jamur pada kulit kepala (tiniakaiplis). Infeksi ini dapat disebabkan oleh beberapa jenis jamur sehingga menyebabkan kebotakan.


d. Peradangan menahun

Penyebab dari perdangan menahun adalah oleh dermatitis seboroicha, dimulai pada kulit kepala yang berwarna kemerah- merahan terus menjalar  sampai ke dahi, alis, kelopak mata dan sebagainya hingga akhirnya kulit mengelupas yang berbentuk  sisik-sisik yang halus.


e. Serangga

Gangguan parasit jenis serangga seperti infeksi kutu kepala yang disebut Pediculosis capitis. 

f. Ketombe 

adalah pelepasan sel-sel kulit kepala yang sudah mati secara berlebihan.

g. Tinea capitis/kadas/ringworm 

Istilah tinea capitis sering juga disebut dengan kadas atau ringwormpenyakit pada rambut ini biasanya menyerang kulit kepala dan rambut. Biasanya penyakit ini paling banyak menghinggapi anak-anak dibanding pada orang dewasa. 


h. Scobiosis 

Adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sejenis parasit hewan/kutu kudis. Dengan adanya kutu kudis ini maka akan timbul bentol- bentol dan gatal sehingga membuat penderita terasa ingin terus menggaruk- garuk kulit. Namunsemakin sering digaruk maka kakn semakin parah karena kudis bisa memiliki ruang baru yang diakibatkan garukan tangan.


i. Piodra 

Piodra berarti batu. Piodra ini disebabkan oleh sejenis jamur, parasit tumbuh-tumbuhan. Tanda-apabila rambut terkena penyakit piodra ini biasanya ditandai dengan adanya  bintik-bintik hitam atau coklat agak lonjong yang besarnya lebih dari ukuran mikroskopic.

Demikian penjelasan tentang Pengertian, Struktur Dan Fungsi Rambut Manusia , Kami mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dan kesalahan pada artikel ini. Apabila pembaca memiliki kritik dan saran kepada kami, Silahkan kirim ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga :

0 Response to "Pengertian, Struktur Dan Fungsi Rambut Manusia "

Post a Comment