Suara Manusia dan Tingkatannya

Suara Manusia dan Tingkatannya. - Suara adalah suatu yang dihasilkan oleh getran suatu benda yang ditempatkan pada gelombang longitudinal yang merambat melalui media udara.suara ini tidak dapat merambat pada suatu ruang hampa.

Kebanyakan suara merupakan gabungan dari berbagai berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam ukuran Hertz (Hz) dan amplitudo atautingkat kejernihan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.
Suara ini mengalir dengan perantara udara .Gelombang suara  di atas 20 kHz disebut  gelombang ultrasonik dan gelombang suara di bawah 20 Hz disebut gelombang  infrasonik.
Suara sendidri dibagi  menjadi 2 yaitu :


  1. Suara Periodik adalah Suara yang dihasilkan oleh getaran yang terjadi  secara berulang- ulang dan bersifat berkelanjutan. Contohnya orang bernyanyi suara burung, alat musik.
  2. Suara Non periodic adalah Suara yang dihasilkan oleh getaran yang terjadi  tidak secara berulang- ulang dan pecah-pecah.contohnya piring pecah, air jatuh, dan hentakan kaki.

Suara pada manusia dihasilkan oleh pita suara.pita suara inilah yang bergetar ketika manusia berbicara sehingga dapat menghasilkan suatu bunyi atau suara Suara ini digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.Orang yang mengalami gangguan suara biasnya disebut bisu atau tunawicara.

B. Jenis- jenis Suara  Pada Manusia 


Jenis - jenis suara manusia dibedakan berdasarkan jenis kelamain yaitu  :

1.      Jenis suara laki-laki

a) Tenor  adalah jenis suara pria  tinggi
b) Baritton  adalah jenis suara pria sedang, 
c) Bas adalah jenis suara  pria rendah bunyinya dalam dan terang.

2.      Jenis suara wanita

a) Sopran adalah suara wanita tinggi
b) Mezzo sopran adalah suara wanita sedang
c) Alto adalah suara wanita rendah

Demikian Artikel kami tentang Suara Manusia dan Tingkatannya, Semoga aplikasi ini bermanfaat.apabila ada kritik atau saran silahkan kirim ke alamat kami. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan. Terima kasih.

Baca juga :





0 Response to "Suara Manusia dan Tingkatannya"

Post a Comment