Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung

Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung - Aurat menurut bahasa adalah suatu kecacatan atau aib yang melekat sehingga perlu ditutupi untuk menyembunyikannya. Sedangkan menurut istilah aurat adalah anggota  badan atau tubuh manusia yang wajib ditutup dan haram untuk dilihat karena bias menyebabkan kecactan atau aib apabila terlihat.
Berdasarkan pada makna kata aurat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa aurat adalah segala sesuatu yang dapat menjadikan seseorang malu atau mendapatkan aib baik yang berupa perkataan, sikap ataupun tindakan. Aurat sebagai bentuk dari satu kekurangan pada diri manusia maka sudah sepatutnya ditutupi dan tidak untuk dipamerkan atau dipertontonkan di muka umum tau khlayak ramai karena bias mengundang syahwat atau nafsu lawan jenis sehingga terjerunmus dalam perbuatan yang keji dan hina.

Pada manusia aurat dibagi menjadi 2 yaitu:
  1. Aurat Pria yaitu terletak antara pusar sampai ke lutut. Apabila pakaian yang dikenakan oleh pria kurang atau tidak dapat menutupi anggota badan ini maka bias dikatakn pria atau laki- laki tidak menutup aurat dan merupakan perbuatan tercela. Sehingga apabila dia melaksannakkan sholat dengan pakaian yang kurang tersebut maka sholatnya tidak sah.

  2. Aurat Wanita yaitu semua anggota badan atau tubuh wanita kecuali muka dan kedua belah telapak tangan. Suara wanita termasuk kedalam aurat oleh sebagian ulama. Sehingga dalam penggunaannya dianjurkan untuk bersuara dalam keadaa seperlunya saja tidak boleh berlebihan. Apabila wanita menggunakan suaranya secara berlebihan seperti bergosip, memaki, dan berceloteh ria, maka bias dikatakan wanita ini telah mengumbar auratnya dan perbuatan tersebut termasuk perbuatan tercela.
    Selain suara yang tidak kalah penting adalah masalah pakaian penutup badan. Pakaian penutup badan hendaklah pakaian yang longgar , tidak ketat atau membentuk lekuk bentuk tubuh wanita tersebut. Apabila seorang wanita mengenakan pakaian yang menutupi seluruh badan namun bentuknya sangat ketat sehingga Nampak lekuk bentuk tubuhnya maka wanita ini tetap dikatakan mengumbar aurat karena bias kita ketahu dan pahami bawasannya wanita adalah salah satu makhluk yang indah dan salh satu keindahan pada wanita adalah pada bentuk lekuk badanya sehingga apabila seorang wanita mengenakan pakaian yang ketat dapat dipastikan keindahan tubuhnya dapat menarik perhatian lawan jenis dikarenan timbul syahwat oleh lawan jenis tersebut.


Pengertian Hijab

Kata hijab berasal dari bahasa arab yang artinya penutpu,tabir atau diding. Pengertian yang dimaksud dari hijab atau tabir disini adalah tirai penutup atau sesuatu yang memisahkan atau membatasi baik berupa tembok, bilik, gorden, kain dan lain-lain Bila dikaitkan dengan hal menutup aurat,  maka istilah hijab bias diartikan sebagai  tata cara berpakaian yang pantas atau menutup  tubuh sesuai dengan tuntunan syariat agama islam.
Firman Allah SWT. didalam QS. Al Ahzab: 53 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النَّبِيِّ إِلَّا أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ إِنَاهُ وَلَٰكِنْ إِذَا دُعِيتُمْ فَادْخُلُوا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوا وَلَا مُسْتَأْنِسِينَ لِحَدِيثٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيِي مِنْكُمْ ۖ وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ ۚ وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ۚ ذَٰلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ ۚ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذُوا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا أَنْ تَنْكِحُوا أَزْوَاجَهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمًا
Artinya :Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.

Pengertian Jilbab

Jilbab berasal dari kata dalam bahasa arabyang artinya  adalah pakaian yang berbentuk  terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan wanita. Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab diartikan sebagi sebuah selendang atau pakaian lebar yang dipakai wanita muslim yang berfungsi untuk menutupi seluruh badan kecuali bagian wajah dan telapak tangan.


Pengertian Purdah atau Cadar

Purdah atau cadar atau niqab adalah kain yang digunakan oleh wanita untuk menutupi sebagian wajah mereka kecuali mata.untuk dapat menunjukkan wanita yang cantik dan anngun serta memilikijati diri wanita muslim sering menambahkan purdah ini sehingga aurat mereka semakinsempurna terhalang dari pandangan orang lain khususnya prtia yang memiliki ketertarikan terhadap mereka. Sebagian ulama mengatakan menggunakan purdah adalah sunnah dan lebih baik.


Pengertian Khimar

ialah nama kain yang digunakan untuk menutup bahagian kepala wanita.Ini berdasarkan firman Allah taala di dalam QS: al-Nur ayat 31yang berbunyi :

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya : Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Pengertian Mukena atau Rukuh

Mukena (rukuh) menurut pengertian secara awam  memang  sering diartikan kain selubung (baju kurung) bagi wanita yang dikenakan khusus pda saat shalat.namun sebenarnya bagi wanita  tidak ada pakaian khusus untuk dipakaian dalam melaksanakkan shalat. Yang dimaksud kain selubung/baju kurung  atau mukenah itu sebenarnya adalah jilbab itu sendiri. Istilah mukena berasal dari bahasa arab yaitu muqna’ah/miqna’ah. Dan mukena ini sebetulnya lebih mirip kerudung ketimbang jilbab, hanya saja muqna’ah ini agak lebih panjang ke bawah dibandingkan.
Demikian penjelasan kami tentang Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung. Apabila terdapat kekurangan ndan kesalahn pada artikel ini kami mohon maaf. Silahkan kirim kritik dan saran anda ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca Juga :



0 Response to "Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung"

Post a Comment