3 Gangguan Pencernaan Pada Manusia

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh kebiasaan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur . Dibawah ini beberapa gangguan yg dapat terjadi pada alat pencernaan manusia

1. Diare atau mencret 

Diare merupakan gejala penyakit lain atau akibat infeksi bakteri dilapisan usus halus. Bakteri ini biasanya berasal dari makanan yang tidak bersih. Ketika diare,makanan dan air melaui usus harus lebih cepat dari keadaan normal. kemudian di usus besar , air tidak dapet diserap dengan baik sehingga feses lebih cair. selain feses lebih cair penderita diare juga lebih sering buang air besar daripada biasanya.

Diare dapat berbahaya jika berlangsung lebih dari 2 hari. Air dan garam yang turut keluar bersama feses dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Jika tidak segera diatasi, akan berakibat fatal.

2. Apensidistis atau radang usus buntu

Radang usus buntu dapat terjadi karena ada sisa makanan atau biji buah –buahan yang mengendap di usus buntu . hal tersebut terjadi karena kebiasaan makan yang tidak baik, misalnya tubuh kekurangan serat yang berasal dari tumbuhan.
Baca Juga: Sistem Pencernaan Makanan, Fungsi, Alat dan Saluran serta Proses Pencernaan Makanan pada Manusia
Jika gejala-gejalanya amsih diragukan, penderita hanya harus beristirahat di tempat tidur dan dirawat.Akan tetapi , jika keadaan tidak membaik, operasi harus segera dilakukan untuk memotong usus buntu.

3. Radang lambung atau sakit magh

Lambung menghasilkan asam lambung untung membantu proses pencernaan pada keadaan tertentu , jumlah asam lambung dapat meningkat. Kelebihan asam lambung ini menimbulakan rasa perih dan mual dilambung.

Sakit magh timbul akibat terlambat makan atau lambung yang terlalu lama tidak terisi. Stres atau pikiran dalam kondisi tertekan juga daopat mengakibatkan produksi asam lambung meningkat dan mengakibatkan sakit magh.sakit magh diatasi dengan memberikan obat untuk menetralkan keasaman dilambung.

MEMELIHARA ALAT PENCERNAAN

Proses pencernaan akan berjalan dengan baik jika kondisi seluruh alat pencernaan dalam keadaan sehat. Menjaga kesehatan alat pencernaan bergantung pada kebersihan makanan dan kebiasaan (pola) makan yang sehat. Berikut ini adalah hal hal yang dapat kamu lakukan untuk mempertahan kan kesehatan pencernaan.
Baca Juga: Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral)
1. Biasakan makan yang teratur. Perhatikanlah waktu makan setiap hari. Aturlah jeda antara waktu makan dengan waktu  berolahraga atau beraktifitas.

2. Biasakan makan dengan komposisi makanan yang bergizi dan seimbang. Tubuh harus cukup mendapat serat tumbuhan,terutama sayuran dan buah-buahan. Kurangilah makanan yang terlalu berlemak atau makanan yang terlalu manis.

3. Perhatikan cara memasak dan menyajikan makanan. Makanan yang sehat dimasak dan disajikan dengan cara yang benar dan menggunakan alat-alat yang bersih.

4. Jagalah juga kebersihan tubuh dan lingkunganmu.biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

5. Periksakan segera jika tubuhmu terasa sakit. Minumlah obat sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

0 Response to "3 Gangguan Pencernaan Pada Manusia"

Post a Comment