Gangguan Peredaran Darah Manusia

Beberapa gangguan yang menyerang peredaran darah dapat disebabkan antara lain oleh kerusakan alat peredaran darah atau oleh kuman penyakit, seperti bakteri dan virus. Berikut ini adalah beberapa gangguan atau penyakit yang menyerang peredaran darah:

1. Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Sel darah merah diproduksi terus-menerus tulang dandapat bertahan selama 120 hari. Produksi sel darah merah pada penderita anemia kurang dari jumlah normal. Penyebabnya adalah :

  1. Kekurangan zat besi atau kekurangan b12
  2. Ada ganguan di sum sum tulang
  3. Ada kelainan pada sel darah merah

Gejala-gejala penderita anemia adalah muka terlihat pucat, mudah lelah, sakit kepala, timbul lingkaran hitam di sekitar mata, jantung berdebar-debar, dan sesak nafas. Penderita anemia harus bnyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi, serta vitamin b12. Pada penderita anemia yang parah, pengobatan dilakukan dengan tranfusi darah dan pembagian obat-obatan.

2. Leukimia atau kanker darah adalah penyakit kelebihan sel darah putih. Penyebab leukemia belum diketahui pasti. Beberapa kemungkinan penyebab leukemia, yaitu virus, terkena radiasi, atau kelainan pada sel. Gejala yang dialami penderita leukemia adalah yaitu kekurangan sel darah merah, kelelahan, berat bdan berkurang, mudah lecet, dan merasa nyeri pada tulang.
Penderita leukemia dapat sembuh, meskipun pengobatan pada leukemia memerlukan perawatan yang intesif dan biaya yang cukup tinggi.

3. Hipertensi (tekanan darah tinggi), Penyakit yang ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah bila diukur dengan alat pengukur tekanan darah yaitu Tensimeter. Gejalanya : terasa nyeri di kepala, jantung berdebar-debar, sesak napas saat melakukan pekerjaan berat dan badan lemah. Hipertensi kemungkinan disebabkan oleh faktor keturunan, kurang berolahraga, atau kelebihan berat badan (obesitas)

4. Wasir (ambeyen), yaitu pelebaran pada pembuluh darah dekat anus yang disebabkan karena duduk lama.

5. Varises, yaitu pembesaran/pembengkakan pembuluh darah balik dibagian kaki.

6. Hemofilia, yaitu darah sukar membeku saat luka.

7. Penyakit jantung bawaan. yaitu kelainan pada jantung sejak lahir sehingga darah dari serambi kiri mengalir ke serambi kanan.

8. Pembuluh nadi mengeras, Penyebabnya : kelebihan zat kapur, lemak, kolesterol, dan gula dalam tubuh.

Cara Memelihara Kesehatan Alat Peredaran Darah

1. Olahraga yang teratur, namun tidak berlebihan. Olahraga akan bermanfaat jika sesuai dengan kondisi tubh dan usia. Olahraga yang sesuai menyebabkan jantung bekerja dengan baik dan peredaran darah lebih lama.

2. Tidak memakan makanan yang berlemak.

3. Istirahat yang cukup

4. Makan makanan yang bergizi. Kurangi makanan yang mengandung lemak. Beberapa jenis lemak dapat menyebabkan menyumbatkan pembuluh darah. Usahakan selalu mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengadung serat. Serat membantu mencegah penyumbatan lemak dipembuluh darah.

5. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri lingkungan rumah tangga, sekolah, atau tempat kerja.

1 Response to "Gangguan Peredaran Darah Manusia"