Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan

Selain fotosintesis, dalam tubuh tumbuhan juga terjadi proses-proses lainnya. Misalnya akar menyerap air, batang bertumbuh, dan bunga mekar. Tumbuhan membutuhkan energy untuk berlangsungnya proses-proses tersebut. Energi tumbuhan di peroleh dari karbohidrat yang dihasilkan melalui reaksi foto sintesis.

Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengetahui manfaat karbohidrat hasil fotosintesis bagi prtumbuhan tumbuhan.jika kebutuhan energi dari karbohidrat telah cukup, kelebihannya akan disimpan tumbuhan. Kelebihan karbohidrat ini disimpan sebagai makanan cadangan. Bagian tubuh tumbuhan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan yaitu:

1. Biji, misalkan tumbuhan kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai), padi, jarak, Bungan matahari, dan jagung.

2. Buah, misalkan pada tumbuhan mangga, jeruk, pisang, apel, semangka, durian, pepeya, salak, kelapa, nanas , dan tumbuhan buah lainnya.

3. Batang, misalmya tumbuhan ubi kayu (singkong), ubi jalar, kentang, dan wortel.
Pada beberapa kondisi, tumbuhan menggunakan cadangan makananya yang disimpannya. Misalnya, cadangan makanan di biji digunakan untuk pertumbuhan tumbuhan baru. Manusia dan hewan juga memanfaatkan cadangan makanan Yang disimpan oleh tumbuhan. Manusia dan hewan, yang tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri, memanfaatkan hasil fotosintesis tumbuhan ini sebagai sumber makanannya.
Baca Juga: Bentuk Interaksi Antar Komponen Biotik

TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER MAKANAN

Bagi makhluk hidup lain yang tidak dapat membuat makanan sendiri, tumbuhan merupakan sumber makanan utama. Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan. Mari kita pelajari,mana sajakah bagian tubuh tumbuhan yang dipergunakan sebagai sumber makanan.

1. UMBI
Umbi adalah baian tumbuhan yang mengembung karena menyimpan makanan cadangan.
Umbi dapat dapat terbentuk diakar. Seperti terhadap pada singkong, wortel, dan dahlia.Umbi juga dapat terbentuk dibatang, Misalnya pda kentang dan ubi jalar. Umbi-umbian tersebut dapat menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan. Singkong, kentang, dan ubi jalar yang penuh dengan karbohidrat sering kali digunakan sebagai pengganti makanan pokok nasi atau gandum.

2. BATANG
Batang tumbuhan tebu, sagu dan bambu muda merupakan sumber makanan. Sagu dapat digunakan sebagai sumber makanan pokok. Jika kamu menghisap batang tebu, kamu akan merasakan air tebu yang manis dan memberikan tenaga. Tebu juga diolah untuk menghasilkan gula pasir. Tunas bamboo yang muda atau rebung dapat diolah menjadi sayuran.

3. DAUN
Banyak jenis daun yang dapat dimakan, misalnya daun papaya, daun singkong, kangkung, sawi, kacang panjang, dan selada. Daun-daunan ini diolah menjadi sayuran atau ada yang dimakan tanpa diolah (lalap).
Baca Juga: Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral)
4. BUNGA
Bunga tumbuhan ada yang dapat dimakan, misalnya bunga turi, bunga papaya, kembang kol, dan bunga pisang. Bunga kol berbentuk bulat seperti bola. Bunga pisang biasanya disebut jantung pisang.

5. BUAH
Jenis buah yang dapat dimakan sangat banyak, ada buah-buahan yang dimakan sebagai pencuci mulut, diolah dalam sayuran, dan dibuat minuman, Karena buah dan sayur merupakan sumber serat dan vitamin yang sangat diperlukan tubuh.

6. BIJI
Biji-bijian yang dapat dimakan yaitu biji kacang-kacangan, padi, jagung dan gandum. Biji gandum diolah menjadi terigu, kemudian terigu, dapat diolah menjadi roti atau kue.

0 Response to "Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan"

Post a Comment