Alat Pencernaan Manusia

Makanan, setelah dikunyah oleh gigi, harus dicerna atau diuraikan lagi menjadi sari makanan. Sari makanan kemudian diserap oleh pembuluh darah untuk diedarkan keseluruh bagian tubuh kita.

Bagian tubuh yang bertugas mencerna makanan disebut  alat  pencernaan. Tentu kamu ingin tahu, apa saja yang termasuk alat pencernaan itu. Pada bab ini, kamu akan mempelajari tentang alat pencernaan manusia.

A. Alat Pencernaan Manusia

Alat pencernaan adalah bagian tubuh yang bertugas untuk menguraikan makanan untuk menjadi sari-sari makanan sehingga dapat diserap oleh pembuluh darah. Makanan yang masuk melalui mulut akan dicerna didalam saluran pencernaan. Saluran pencernaan ini tersusun dari alat pencernaan yaitu,

1. Mulut
Proses pencernaan mulut melibatkan peranan lidah susunan gigi dan air ludah.

  1. Lidah, merupakan bagian mulut yang peka terhadap rasa makanan. Lidah berperan dalam membolak balik dan mengaduk makanan. Lidah juga membantu proses menelan makanan.
  2. Gigi, yang berfungsi untuk menghalus makanan. Proses menghaluskan makanan dengan gigi ini dilakukan dengan 3 jenis gigi ini, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi graham. Gigi seri berfungsi untuk memotong motong makanan, gigi taring berfungsi menyoyak atau menyobek makanan. Sedangkan gigi graham untuk menggiling makanan hingga  halus.
  3. Air, ludah yang dihasilkan oleh kelenjar air ludah. Selain dihaluskan oleh gigi, zat yang terkandung dalam makanan diubah menjadi zat yang lebih sederhana oleh air ludah.

2. Kerongkongan
Kerongkongan berbentuk pipa yang menghubungkan rongga mulut dan lambung letaknya dileher di depan tenggorokan/trakea. Ketika menenlan makanan masuk ke kerongkongan. Dikerongkongan, makanan yang dibungkus oleh cairan yang disebut mucus.  Cairan ini berfungsi seperti pelumas yang melicinkan saluran kerongkongan. Dikerongkongan terjadi gerak peristaltik yaitu gerak otot kerongkongan mendorong makanan menuju ke lambung.

3. Lambung 
Lambung adalah tempat pencernaan makanan setelah kerongkongan. Letak lambung di bagian rongga perut. Lambung memiliki bentuk mirip dengan kantong dengan dilapisi dinding yang tebal. Ukurannya kurang lebih sebesar kepalan tangan orang dewasa dan memiliki warna merah muda dan mengkilap. Dinding lambung tadi bisa mengembang dan mengempis, jika terisi makanan akan mengembang dan jika kosong akan mengempis. Lambung mampu menampung sekitar 1,5 liter makanan.

4. Usus Halus
Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Panjang usus halus kira-kira 6m. Didalam usus halus terjadi proses pencernaan dan penyerapan sari makanan. Pencernaan makanan masih terjadi di ususu duabelas jari sedangkan penyerapan sari makanan terjadi diusus penyerapan. Di usus duabelas jari terjadi pencernaan secara kimiawi oleh getah-getah pencernaan seperti getah empedu, getah pancreas, dan getah usus.

5. Usus Besar
Usus besar dibagi menjadi 3 yaitu, sekum, kolon, dan rektum. Sekum yaitu usus besar yang fungsinya untuk menyerap cairan dan garam, Kolon menyimpan makanan dan rektum Sisa makanan dari kolon dan kemjudian dikeluarkan oleh anus.

0 Response to "Alat Pencernaan Manusia"

Post a Comment