Alat Pernapasan Hewan

Hewan-hewan mempunyai alat pernapasan yang berbeda. Ada hewan yang bernapas dengan paru-paru. Ada hewan yang bernapas dengan insang. Beberapa jenis hewan mempunyai alat pernapasan khusus yang tidak dimiliki hewan lain Antara lain :

1. CACING
Mengapa cacing ditempat lembab dan berair ? Hal ini berhubungan dengan pernapasan cacing. Cacing bernapas dengan seluruh permukaan kulit. Kulit cacing ini harus selalu basah supaya pertukaran udara dapat terjadi. Inilah yang menyebabkan cacing lebih suka tinggal di tempat yang lembab dan berair.

2. SERANGGA
Serangga misalanya lalat, nyamuk, belalang, kupu-kupu dan rayap, bernapas dengan system trakea. Sistem trakea ini terdiri dari spirakel , tabung trakea dan trakeol. Spirakel adalah lubang-lubang kecil pada tubh serangga. Pada belalang, Kamu dapat melihatnya dibagian sebelah kiri dan kanan tubuhnya. Funfsi spirakel adalah tempat udara masuk dan keluar tubuh serangga. Tabung trakea adalah saluran udara yang punya bentuk seperti tangga. Treakeol adlah saluran-saluran yang sangat kecil dan merupakan ujung trakea. Udara yang masuk ke spirakel mengalir melalui trakea, trakeol baru kemudian masuk ke sel-sel tubuh. Serangga berukuran besar yang aktif mempunyai alat pernapasan khusus kantong hawa. Kantong hawa berfungsi untuk meningkatkan kecepatan masuk dan keluar udara.

3. IKAN
Ikan bernapas menggunakan insang yang tersusun atas empat pasang lengkung insang. Masing-masing lengkung memiliki dua baris filamen yang tersusun atas lempengan pipih disebut dengan lamela. Lamela meningkatkan luas permukaan respirasi yang tersusun atas membran tipis dan banyak mengandung jaringan kapiler pembuluh darah tepat dibawahnya.

Sebagian besar ikan memiliki insang internal, karena ditutupi oleh operkulum sehingga tak tampak dari luar. Semua jenis ikan bertulang keras (ikan mas, gurame, dll) memiliki operkulum. Sedang beberapa ikan memiliki tipe insang eksternal karena tidak memiliki penutup insang (operkulum) sehingga celah insangnya tampak dari luar, seperti pda hiu, pari.

4. KATAK
Diantara semua hewan yang ada, sistem pernapasan pada katak adalah yang paling menarik, itu pendapat pribadi sih. Secara hewan yang satu ini memiliki beberapa pergantian sistem. Kata muda atau biasa di sebut berudu bernapas dengan menggunakan insang di dalam air. Setelah lebih kurang berumur 12 hari, Insang luar di ganti dengan insang dalam. Sementara setelah dewasa, kata bernapas dengan menggunakan selaput rongga mulut, paru - paru dan kulit. Lebih jelas tentang mekanisme pernapasan pada katak akan di jelaskan secara singkat seperti berikut ini:
Selaput rongga mulut
Selaput rongga mulut pada katak dapat berfungsi sebagai alat pernapasan karena tipis dan terdapat banyak kapiler. Saat faring dan rongga mulut bergerak, lubang hidung terbuka tertutup sehingga udara dapat masuk mulut.

Baca Lainnya:

0 Response to "Alat Pernapasan Hewan"

Post a Comment