Pengertian Skala Prioritas dan Cara Membuatnya

Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia harus membuat skala prioritas. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan skala prioritas? Bagaimana cara membuat skala prioritas kebutuhan ekonomi kita?

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian skala prioritas, cara membuat skala prioritas dan contoh tabel skala prioritas.

Pengertian Skala Prioritas

Skala prioritas kebutuhan adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang dalam menentukan kebutuhan yang paling penting dan mendesak.

Kebutuhan manusia beraneka ragam, seandainya semua kebutuhan manusia dipenuhi tidak akan tercapai karena terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan. Selain itu, penghasilan yang diterima setiap orang juga terbatas.

Oleh karena itu, untuk menyesuaikan penghasilan yang diperolehnya dengan kebutuhan yang akan dipenuhi, maka susunlah suatu daftar kebutuhan susunan tingkat kebutuhan seseorang disebut skala prioritas kebutuhan.

Pada saat membuat skala prioritas, urutkan kebutuhan dari yang paling penting sampai kebutuhan yang kurang penting. Satu hal yang harus diingat, bahwa pada saat menyusun skala prioritas harus mempertimbangkan pendapatan atau penghasilan yang ada.

Dengan demikian manusia dapat memperhitungkan mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Pengertian Skala Prioritas dan Cara Membuatnya
Gambar: Contoh cara membuat skala prioritas

Contoh Tabel cara membuat skala prioritas

Berikut ini contoh menyusun skala prioritas.
Pak Yusuf mempunyai uang Rp750.000,00. Kebutuhan yang menjadi angan-angannya banyak. Di bawah ini daftar kebutuhan Pak Yusuf.

No
Macam-Macam Kebutuhan
1
2
3
4
5
6
7
Membeli makanan sehari-hari
Menabung
Ongkos transportasi
Membayar cicilan rumah
Membeli obat
Membeli pakaian
Lain-lain

Tabel: Cara membuat skala prioritas

Daftar kebutuhan di atas kemudian oleh Pak Yusuf dibuat skala prioritas sehingga akan tampak seperti berikut ini.

No
Macam-Macam Kebutuhan
Pengeluaran
1
2
3
4
5
6
7
Membeli makanan sehari-hari
Menabung
Ongkos transportasi
Membayar cicilan rumah
Membeli obat
Membeli pakaian
Lain-lain
Rp 400.000
Rp 130.000
Rp  40.000
Rp  80.000
Rp  30.000
Rp  50.000
Rp  20.000
Jumlah
Rp 750.000

Sebagai seorang siswa, kalian juga dapat menyusun skala prioritas. Hal terpenting yang harus kalian perhatikan dalam menyusun skala prioritas kebutuhan adalah kalian harus dapat membedakan mana kebutuhan yang mendesak dan yang kurang mendesak, sehingga kebutuhan kalian yang mendesak dapat terpenuhi.